Dinkes : Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Pariaman capai 17 orang

id Pariaman,ODP,Sumbar,Padang

Dinkes :  Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Pariaman capai 17 orang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sumbar Syahrul (kiri). Antara Sumbar/Aadiaat M.S. (ANTARA/ Aadiyat)

Pariaman (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Syahrul mengatakan jumlah orang dalam pantauan (ODP) di daerah itu hingga saat ini mencapai 17 orang dan satu pasien dalam pantauan (PDP).

"Mereka merupakan warga Kota Pariaman yang mengalami demam setelah pulang dari daerah luar Sumbar," kata dia di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya mengunjungi setiap orang yang datang dari luar Sumbar untuk memeriksa kesehatannya guna mencegah menyebarnya virus Corona atau COVID-19 di daerah itu.

Jika orang tersebut menunjukkan demam atau batuk atau flu maka yang bersangkutan akan dimasukkan ke dalam daftar ODP dan diminta isolasi mandiri.

"Jika orang tersebut tidak menunjukkan gejala itu maka tidak kami masukkan ke dalam ODP," katanya.

Selain ODP di Pariaman juga terdapat satu PDP karena mengalami pneumonia atau radang paru yang Senin besok akan menjalani pemeriksaan laboratorium di rumah sakit.

Ia meminta perantau dan pendatang untuk memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas atau bidan desa setempat guna memastikan kondisi kesahatan yang dialami.

Ia juga meminta warga untuk menjaga pola hidup sehat serta sering mencuci tangan pakai sabun dan apabila demam atau batuk atau flu segara periksa kesehatan di fasilitas kesehatan setempat serta memakai masker.

"Kami meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul dengan orang lain untuk sementara guna mencegah penyebaran virus ini," tambahnya.