Pesisir Selatan semprot disinfektan fasilitas umum di perbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi (Video)

id Penyemprotan cairan disinfektan,berita pesisir selatan,pesisir selatan terkini,berita sumbar,virus corona,corona

Pesisir Selatan semprot disinfektan fasilitas umum di perbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi (Video)

Penyemprotan cairan disinfektan di salah satu masjid di Kecamatan Silaut. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan virus Corona Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyemprot cairan disinfektan fasilitas umum di perbatasan daerah setempat dengan Provinsi Bengkulu dan Jambi guna mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Kegiatan difokuskan di Kecamatan Silaut yang berbatasan dengan Bengkulu dan Ranah IV Hulu Tapan yang berbatas dengan Provinsi Jambi," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir Selatan Rinaldi di sela kegiatan di Silaut, Jumat.

Fasilitas umum yang disemprot seperti pusat pelayanan kesehatan, kantor camat, masjid, perbankan, kantor polisi dan lainnya.

Selain bagian dari mencegah wabah virus, kegiatan juga merupakan langkah pemerintah dalam upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Hingga saat ini Pesisir Selatan bisa dikatakan aman dari paparan virus Corona, kendati demikian sesuai instruksi pimpinan langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan," kata dia.

Terkait upaya pencegahan virus Corona beberapa hal ungkap dia, juga telah dilakukan mulai dari pengecekan suhu tubuh wisatawan asing di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (Mandeh), pengecekan suhu tubuh pekerja dari China.

Berikutnya bupati juga menerbitkan instruksi nomor 420/518/DPK/Sekretariat.01/2020 Tentang Penanganan Dampak Virus Corona yang salah satu poinnya mengalihkan proses belajar mengajar pelajar tingkat TK hingga SMP ke rumah.

Penyemprotan cairan disinfektan juga telah dilakukan di kantor bupati, dan kantor perangkat daerah se-kabupaten setempat, serta sejumlah masjid di ibu kota kabupaten.

"Pada beberapa kesempatan pemkab melalui dinas teknis terus mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan memeriksakan kesehatan jika mengalami demam disertai sesak nafas," tambahnya. (*)