Ditsamapta Polda Sumbar rutinkan patroli antisipasi aksi kejahatan di Padang

id Polda Sumbar, aksi, kenakalam remaja, tawuran, sumbar, berita sumbar

Ditsamapta Polda Sumbar rutinkan patroli antisipasi aksi kejahatan di Padang

Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Eko Tafianto (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Samapta Polda Sumatera Barat merutinkan patroli di wilayah Kota Padang membantu Polresta Padang mengantisipasi aksi kejahatan di daerah tersebut.

Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Eko Tafianto di Padang, Rabu mengatakan tim Samapta Polda Sumbar terus melakukan patroli dengan kendaraan roda dua menyisir wilayah-wilayah yang dianggap rawan terutama saat malam hari.

Menurut dia khusus pada Sabtu malam pihaknya menurunkan personel secara besar-besaran sebanyak 32 personel dan ditambah personel Dalmas sebanyak satu pleton.

Hal ini dilakukan karena tingginya aksi kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan dan pencurian dengan pemberatan serta aksi tawuran.

Ia mengatakan dari patroli pada Minggu (15/3) dinihari lalu pihaknya mengamankan delapan remaja di kawasan Bypass TVRI.

Menurut dia dari pemantauan di lapangan ada sebuah bangunan tinggal di sana yang dijadikan markas bagi mereka.

Di lokasi tersebut pihaknya menemukan berbagai senjata tajam seperti samurai, kikir yang ditajamkan, senjata tajam, per sepeda motor dan alat yang dijadikan alat untuk tawuran

Selain itu petugas di lokasi tersebut menemukan topeng yang digunakan untuk melakukan aksi.

"Delapan remaja itu kita serahkan ke Polsek Kuranji untuk diproses lebih lanjut. Mereka juga mengaku memiliki senjata tajam tersebut," kata dia.

Ia mengimbau para orang tua untuk lebih mengawasi anak-anak mereka agar tidak keluyuran saat malam hari bahkan melakukan aksi kejahatan.

"Kita ajak para orang tua serta masyarakat ikut terlibat dalam menciptakan situasi kamtibmas," kata dia.

Direktorat Samapta juga memiliki call center melalui aplikasi Whatsapp dengan nomor 0823- 43110-110 yang dapat dihubungi masyarakat apabila ada aksi yang membuat kegaduhan seperti balap liar, tawuran, dan lainnya.

"Kita siap untuk menindaklanjuti laporan masyarakat untuk menciptakan suasana aman tertib dan damai," kata dia.