Kembangkan pariwisata, Solok Selatan latih anggota Pokdarwis

id pokdarwis,pariwisata solok selatan

Kembangkan pariwisata, Solok Selatan latih anggota Pokdarwis

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan SDM Editorial memasangkan tanda peserta pelatihan Pokdarwis kepada salah seorang peserta, di wisma Ummi Kalsum Muaralabuh, Selasa (ANTARA/HO)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat melatih 50 orang anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar pariwisata di daerah itu terus berkembang, Selasa.

"Dengan pelatihan ini diharapkan menghasilkan sumber daya manusia pariwisata yang berkapabilitas dan profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai pokdarwis," kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan SDM Editorial, di Padang Aro.

Solok Selatan memiliki potensi wisata yang besar, agar potensinya bisa berkembang dibutuhkan pokdarwis yang handal dan mempunyai SDM yang mumpuni sehingga wisatawan yang datang merasa nyaman dan terlayani dengan baik.

Pokdarwis, katanya, dituntut memiliki penguasaan terhadap bahasa serta pengetahuan yang luas berkaitan dengan kepariwisataan.

Dia menyebutkan kondisi geografis Solok Selatan yang berbukit dan banyak lembah membuat potensi wisata alam banyak untuk dikembangkan.

Sebagai contoh, katanya, Solok Selatan memiliki air terjun, gunung, sungai dan goa yang indah.

Sedangkan segi budaya Solok Selatan juga kaya seperti kawasan Saribu Rumah Gadang dan rumah gadang panjang di dunia yang sudah pernah meraih Anugerah Pesona Indonesia.

Dengan potensi pariwisata Solok Selatan yang besar, katanya diperlukan keseriusan dalam pembangunan serta peningkatan SDM melalui pelatihan pengelolaannya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna, mengatakan pokdarwis harus siap berperan sebagai tuan rumah yang baik bagi wisatawan dan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pariwisata melalui konsep wisata yang berkelanjutan sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Pemerintah ingin pokdarwis maju dan destinasi wisata berkembang sehingga diberi pelatihan kepada Pokdarwis sebagai pengelola," ujarnya.

Salah seorang pembicara saat pelatihan, Metrizon menjelaskan Pokdarwis merupakan pemilik sah suatu destinasi wisata dan berkembang atau tidaknya suatu objek wisata tergantung mereka.

"Pelatihan ini merupakan langkah pemerintah untuk mengangkat dan memberdayakan Pokdarwis supaya dapat mengelola objek wisata dengan baik," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar