Wali Kota harapkan forum pakar perubahan budaya birokrasi tingkatkan kualitas SDM

id forum pakar,wali kota solok, Zul Elfian

Wali Kota harapkan forum pakar perubahan budaya birokrasi tingkatkan kualitas SDM

Wali Kota Solok, Zul Elfian di Aula Balitbang, Laing, Senin saat memberikan sambutan pada forum pakar tentang perubahan birokrasi. (ANTARA/HO-Humas Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian mengharapkan forum pakar dengan tema "Perubahan Budaya Birokrasi dan Nilai-Nilai Dasar Birokrasi Pemerintah Daerah Kota Solok" dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) setempat.

Pemerintah Kota Solok melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) setempat mengadakan acara tersebut yang dibuka langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian di Aula Balitbang, Laing, Senin.

Zul Elfian mengharapkan dengan adanya forum pakar ini dapat melahirkan kebijakan mengenai perubahan budaya birokrasi yang muaranya tentu untuk kemajuan pembangunan di Kota Solok.

"Baiknya sebuah sistem yang dibangun tanpa didukung dengan SDM yang handal percuma saja, mari bersama-sama kita tingkatkan kualitas SDM masing-masing," ujarnya.

Menurutnya terjadi perubahan budaya birokrasi dan nilai-nilai dasar birokrasi pemerintah daerah yang harus dikuasai oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

Selain itu, harus sering dilakukan diskusi sehingga para pegawai semakin memahami bagaimana sistem birokrasi berubah seiring berjalannya waktu dan kemajuan zaman.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Marwis menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk mempertemukan Aparatur Daerah sebagai penyelenggara pemerintah Daerah dalam bentuk diskusi.

Kegiatan ini akan menyatukan persepsi terhadap permasalahan pelayanan publik sekaligus merespon perubahan ke arah peningkatan manejemen kualitas pelayanan publik.

"Kegiatan ini dapat merumuskan kebijakan mengenai perubahan budaya birokrasi dan nilai-nilai dasar organisasi pemerintah daerah setempat, yang akhirnya ikut meningkatkan daya saing daerah dan kepercayaan publik terhadap pemerintah," ujarnya.

Acara juga dihadiri Ketua Komisi I DPRD Nasril In, Asisten Bidang Administrasi Umum Muhammad, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Andalas Dr. Aidinil zetra. SIP. MA sebagai pembicara utama, serta seluruh Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Solok.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar