Warga Talamau keracunan usai santap ikan tongkol, Dinkes ambil sampel

id keracunan makanan,warga talamau keracunan,dinkes pasaman barat

Warga Talamau keracunan usai santap ikan tongkol, Dinkes ambil sampel

Pasien keracunan ikan tongkol di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat saat mendapat perawatan di Puskesmas Talu. Saat ini korban sudah sehat dan kembali kerumah masing-masing. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) telah mengambil sampel ikan tongkol yang menyebabkan puluhan warga Kecamatan Talamau keracunan pada Rabu (11/3) malam.

"Sampel ikan tongkol itu akan kami bawa ke laboratorium di Padang untuk diperiksa," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Jon Hardi di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya mengambil tiga sampel untuk dites di labiratorium.

Sampel itu adalah ikan mentah, ikan yang telah dimasak dan ikan yang bercampur dengan muntah korban.

"Hasil tes laboratorium itu akan keluar sekitar 14 hari. Ketiga sampel itu akan kita uji di labor sehingga baru dipastikan penyebab warga keracunan," katanya.

Menurutnya kondisi korban keracunan saat ini sudah membaik dan tidak ada lagi warga yang memperoleh perawatan di Puskesmas Talu.

"Tim medis sejak Rabu malam telah memberikan pengobatan kepada warga. Memang ada warga yang dirawat sekitar tiga orang namun saat ini sudah pulang kerumah masing-masing," katanya.

Pada Rabu (11/3) malam puluhan warga Talamau keracunan setelah mengkonsumsi ikan tongkol. Sejumlah korban mendapatkan perawatan di Puskesmas Talu.

Korban mengalami mual, pusing dan muntah-muntah.

Setelah mendapatkan perawatan dan pengobatan korban sudah stabil dan pulang ke rumah masing-masing. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar