Padang Panjang gandeng STES bina koperasi syariah

id koperasi syariah,koperasi padang panjang,berita padang panjang,Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah

Padang Panjang gandeng STES bina koperasi syariah

Kerja sama Pemkot Padang Panjang dan STES Manna Wa Salwa untuk pembinaan koperasi syariah di Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menggandeng Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Manna Wa Salwa Kabupaten Tanah Datar dalam membina pengelolaan koperasi berbasis syariah di daerah itu.

Kerja sama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama oleh Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan UKM Padang Panjang Arpan dan Ketua STES Manna Wa Salwa Tanah Datar, Zakaria Aziz, Rabu.

Ia menerangkan kerja sama itu dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis koperasi syariah melalui prinsip-prinsip ekonomi syariah sehingga terhindar dari transaksi riba.

"Kerja sama ini langkah awal untuk mewujudkan koperasi syariah di Padang Panjang. Kami berharap manfaatnya dapat dirasakan oleh koperasi yang ada di Padang Panjang," katanya.

Dinas Perdagkop, ujarnya menargetkan dalam lima tahun ke depan koperasi yang ada di Padang Panjang dapat beralih menjadi koperasi syariah.

Melalui kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah Manna Wasalwa, diharapkan dapat memberikan pendampingan pada koperasi konvensional di Padang Panjang agar secara bertahap beralih ke syariah.

Ketua STES Manna Wa Salwa Zakaria Aziz mengatakan pihaknya siap menindaklanjuti kerja sama dalam memberikan pembinaan bagi koperasi di Padang Panjang.

Beberapa hal yang akan dilakukan yaitu pembinaan dalam tata cara pembukuan, manajemen koperasi, prinsip-prinsi koperasi berbasis syariah dan lainnya.