Pemkot Solok salurkan 200 paket sembako untuk Lansia

id Jefrizal ,berita solok,berita sumbar

Pemkot Solok salurkan 200 paket sembako untuk Lansia

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal saat membagikan sembako pada para Lansia di Solok, Selasa. (Foto Humas)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat melalui Dinas Sosial setempat menyalurkan sebanyak 200 paket beras, sembako bantuan, dan bahan pangan untuk lanjut usia (Lansia) miskin terlantar di Halaman Istana Lansia Kota Solok, Selasa.

"Kota Solok dari tahun ke tahun selalu berupaya meningkatkan pelayanan kepada para lanjut usia," kata Ketua pelaksana Zulfadli di Solok, Selasa.

Ia menjelaskan salah satunya dengan inovasi dari Dinas Sosial yang telah mendirikan tempat para lansia agar bisa menghabiskan masa tua dengan lebih terarah dan dapat mengisi hari-hari mereka serta banyak peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Pada kesempatan ini jumlah penerima lansia yang akan menerima bantuan tersebut sebanyak 100 orang lansia yang tersebar diseluruh kelurahan yang ada di Kota Solok.

Setiap Lansia menerima bahan pangan meliputi beras dan sembako seharga Rp250.000 perpaket dan akan diserahkan sekali sebulan.

"Untuk kali ini pemerintah daerah akan menyerahkan untuk dua bulan sekaligus yaitu Januari dan Februari," ujarnya.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini untuk melembaganya nilai sosial masyarakat dan menghargai keberadaan Lansia.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Jefrizal mengatakan kegiatan ini agar dapat mendukung terjadinya perubahan dan perilaku lansia untuk tetap sehat, mandiri dan produktif.

Selain itu, perlunya kegiatan Lansia seperti promosi kesehatan dalam setiap siklus kehidupan, menciptakan lingkungan ramah Lansia yang mendorong kesehatan dan partisipasi aktif Lansia.

Selain itu penyediaan layanan kesehatan yang ramah Lansia, pertimbangkan pandangan Lansia dalam setiap pengambilan keputusan dalam pembangunan di setiap tingkatan.

Acara juga dihadiri Wali Kota Solok yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jefrizal, Kepala Dinas Sosial Zulfadli, OPD terkait, camat dan Lurah se Kota Solok, serta Bapak atau Ibu Lansia. (*)