Minimalkan risiko kecelakaan, Ditlantas Polda Sumbar tingkatkan penjagaan dan pengaturan lalu lintas

id Ditlantas,Polda Sumbar,padang, lalu lintas

Minimalkan risiko kecelakaan, Ditlantas Polda Sumbar tingkatkan penjagaan dan pengaturan lalu lintas

Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Barat Kombes Pol Yofie Girianto Putro langsung melakukan pengaturan di jalan raya (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat akan meningkatkan penjagaan dan pengaturan (Gatur) lalu lintas secara rutin dalam meminimalkan risiko kecelakaan di jalan raya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro di Padang, Selasa mengatakan melalui penjagaan dan pengaturan lalu lintas akan menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di daerah setempat.

Menurut dia selain peningkatan dalam pelayanan, yang paling penting adalah peranan masyarakat dalam mendukung hal tersebut dan salah satunya agar selalu tertib dalam berlalu lintas.

"Tujuan dari Gatur adalah untuk menciptakan dan mewujudkan rasa aman berkendara di jalan raya dan mewujudkan lalu lintas yang berkeselamatan," kata dia.

Menurut dia berdasarkan hasil analisa dan evaluasi sementara, lalu lintas di daerah ini masuk dalam kategori aman dan tertib, namun masih ditemukan beberapa pengendara masih belum sabar dalam mengemudi.

Ia mengatakan dengan adanya pemantauan langsung di lapangan dirinya dapat mengetahui kondisi dan situasi lalu lintas di wilayah. Dirinya mengajak masyarakat untuk berusaha sabar dan tertib dalam mengemudi kendaraan serta tidak melakukan pelanggaran.

Mulai dari menggunakan telepon pintar dalam berkendara, melaju dengan kecepatan tinggi, melawan arah, tidak menggunakan helm, berkendara di luar muatan yang ditentukan dan lainnya agar tidak terjadi kecelakaan.

Ia mengatakan tidak tertib berkendara dapat menimbulkan pelanggaran lalu-lintas, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan dan yang rugi adalah pengendara.

“Kami mengajak pengendara untuk sadar dan harus mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan," kata dia. (*)