Sumbar surplus 200 MW, PLN siap layani bila ingin bangun 100 hotel

id PLN, energi listrik, surplus, sumbar

Sumbar surplus 200 MW, PLN siap layani bila ingin bangun 100 hotel

GM PLN Sumbar Bambang Dwiyanto dalam suasana santai sambil diskusi tentang kelistrikan dengan para pemimpin media di Sumbar, Senin malam. (Ist)

Padang (ANTARA) - PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat mencatat surplus energi listrik di provinsi itu mencapai 200 Mega Watt (MW) yang mampu melayani 100 hotel berbintang baru bila ada investor ingin menanamkan modalnya di sektor itu.

"Ketersediaan energi listrik kita di Sumbar yang siap untuk dipakai melayani investor cukup surplus. Misalnya ada para pemodal yang bangun 100 hotel berbintang sangat bisa dilayani," kata Bambang Dwiyanto di Padang, Senin malam.

Hal ini sampaikannya saat silaturrahim dengan para pimpinan media cetak dan online Sumatera Barat.

Menurut dia, bagi kalangan investor yang ingin berinvestasi dalam segala sektor di Sumbar, soal ketersediaan listrik tak perlu diragukan.

Jikapun banyak pemodal dan pasokan listrik bisa melalui sistem interkoneksi atau tol listrik Sumbagsel.

Pihaknya, tambah Bambang, terus mengajak pemerintah daerah memanfaatkan potensi energi yang surplus untuk meminang investor.

Sebab, sangat disayangkan kalau tidak terpakai untuk menggerakkan perekonomian Sumbar.

"Bila potensi tak banyak terpakai di daerah ini, tentu akan mengalir ke daerah lain karena sistem sudah interkoneksi. Tentu pergerakan ekonomi Sumbar lambat pergerakannya," katanya.

PLN, tambahnya, juga memberikan keringanan bagi masyarakat konsumen, termasuk dengan kalangan industri.

Senior Manager Niaga PLN UIW Sumbar Muhammad Rizki menambahkan, kemudahan atau keringanan diskon 30 persen bagi pelanggan industri bila tambah penggunaan diluar beban puncak.

Program diskon ini sudah diterapkan kepada lima pelanggan yang industri besar di Sumbar, diantaranya PT. Semen Padang.

Kemudahan lain atau program diskon PLN Sumbar, tambah Rizki, bagi masyarakat di daerah tertinggal, terdepan dan terisolir (3T) dalam bentuk diskon 50 persen penyambungan atau pemasangan baru.

Kemudian bagi pelanggan yang ingin tambah daya, ada diskon dalam bentuk bisa cicilan selama 12 kali dengan bunga 0 persen.