PDAM Padang berganti nama menjadi Perumda Air Minum Padang

id berita padang, berita sumbar, pdam padang, perumda air minum padang

PDAM Padang berganti nama menjadi Perumda Air Minum Padang

Dari kiri ke kanan, Ketua Dewas Perumda Air Minum Padang Asnel, Direktur Utama Hendra Pebrizal, Direktur Umum Afrizal Kuning dan Kabag Perekonomian dan SDA Pemkot Padang Swesti Fanlomi menyampaikan perubahan nama Perumda Air Minum Kota Padang di Padang, Senin. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang resmi berganti nama menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang menindaklanjuti PP nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

"Ada dua pilihan untuk BUMD yaitu perusahaan umum daerah dan perseroan daerah, PDAM Padang diputuskan berbentuk Perumda karena semua sahamnya dimiliki oleh satu daerah dalam hal ini Wali Kota selaku kuasa pemilik modal," kata Direktur Utama PerumdaAir Minum PadangHendra Pebrizal di Padang, Senin.

Ia menyampaikan perubahan nama tertuang dalam Perda Kota Padang no 1 tahun 2020 tentang perubahan nama PDAM menjadi Perumda Air Minum.

"Untuk tugas dan fungsi sama termasuk susunan dewan direksi dan dewan pengawas," ujarnya.

Dalam hal ini Wali Kota Padang Mahyeldi telah mengukuhkan dewan direksi dan dewan pengawas melalui Peraturan Wali Kota nomor 02 dan 03/kpm/3/ tahun 2020 tentang Pengukuhan Direksi Perusahaan Umum Daerah Kota Padang masa jabatan 2019-2024.

Ia menyampaikan seluruh pegawai PDAM Kota Padang juga kembali dikukuhkan menjadi pegawai Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kota Padang.

Hendra menyampaikan ke depan pihaknya fokus kepada peningkatan pelayanan air bersih kepada masyarakat.

"Salah satunya penyediaan air siap minum dari keran konsumen," ujarnya.

Ia menyebutkan pada 2019 pihaknya sudah meluncurkan air siap minum lewat keran pada tiga titik di Padang.

Selain itu PerumdaAir Minum Kota Padang juga mendapatkan penyertaan modal dari Pemkot Padang sebesar Rp150 miliar dari kurun waktu 2019 hingga 2024.

Sejalan dengan itu Ketua Dewan Pengawas Perumda Air Minum Padang Asnel menyampaikan ke depan pihaknya akan fokus meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambah titik air siap minum dari keran di tempat-tempat strategis.

Sementara Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemkot Padang Swesti Fanloni mengatakan perubahan nama ini perlu diketahui oleh publik.

Perubahan nama ini merupakan amanat dari undang-undang dan berlaku diseluruh Indonesia," kata dia.

Ia menyampaikan ke depan Perumda akan lebih fokus pada pelaksanaan pelayanan publik.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar