Valencia tak bisa borong poin penuh di markas Alaves

id valencia,alaves,liga spanyol,dani parejo,edgar mendez

Valencia tak bisa borong poin penuh di markas Alaves

Gelandang Alaves Edgar Mendez melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Valencia dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Vitoria-Gasteiz, Spanyol, Jumat (6/3/2020) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@laliga)

Jakarta (ANTARA) - Valencia hanya bisa mengamankan satu poin dalam laga pekan ke-27 Liga Spanyol setelah ditahan imbang tuan rumah Alaves dengan skor 1-1 di Stadion Mendizorroza, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Hasil itu membuat Valencia tertahan di urutan ketujuh klasemen dengan koleksi 42 poin, sedangkan Alaves (32) untuk sementara naik ke posisi ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Valencia berusaha mengendalikan permainan sejak awal laga, tetapi sejumlah percobaan tembakan mereka tak kunjung membuahkan hasil termasuk sepakan jarak jauh Denis Cheryshev masih bisa diamankan oleh kiper Fernando Pacheco.

Pada menit ke-34 upaya Valencia akhirnya membuahkan hasil ketika Dani Parejo melepaskan tendangan bebas khasnya untuk menyarangkan bola ke pojok kiri atas gawang.

Tiga menit berselang Alaves berusaha membalas, tetapi sundulan Joselu yang menyambut umpan silang Lucas Perez masih bisa dihentikan oleh kiper Jasper Cillessen.

Dua menit jelang bubaran Valencia sebetulnya hampir menggandakan keunggulan saat Parejo mengirimkan tendangan bebas yang bisa disambut Daniel Wass, tapi sundulannya masih melenceng di sisi kiri gawang.

Alaves mengawali babak kedua dengan inisiatif lebih menyerang, tetapi tembakan Joselu masih bisa dihalau oleh barisan pertahan tim tamu.

Kerja keras tuan rumah akhirnya membuahkan hasil ketika mampu memanfaatkan situasi bola mati dan Victor Laguardia meneruskannya menjadi umpan dengan sundulan sebelum diselesaikan oleh Edgar Mendez di hadapan gawang pada menit ke-73. Alaves satu, Valencia satu.

Sejak itu kedua tim tak terlihat mampu membangun serangan atau menciptakan serangan berarti hingga peluit tanda laga usai berbunyi dan skor 1-1 bertahan.

Susunan pemain:

Alaves (4-4-2): Fernando Pacheco; Navarro Ximo, Victor Laguardia, Rodrigo Ely, Ruben Duarte; Edgar Mendez, Ljubomir Fejsa (Manu Garcia), Victor Camarasa (Pere Pons), Luis Rioja (Borja Sainz); Lucas Perez, Joselu

Pelatih: Asier Garitano

Valencia (4-1-4-1): Jasper Cillessen; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Geoffrey Kondogbia; Alessandro Florenzi (Francis Coquelin), Carlos Soler, Dani Parejo, Denis Cheryshev (Rodrigo Moreno); Kevin Gameiro (Goncalo Guedes)

Pelatih: Albert Celades