Ini imbauan Bupati Hendrajoni untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Pesisir Selatan

id Hendrajoni,berita pesisir selatan,berita sumbar

Ini imbauan Bupati Hendrajoni untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Pesisir Selatan

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni saat apel kesiapsiagaan di pelataran parkir Pantai Carocok Painan. (ANTARA/ist)

Painan, (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Hendrajoni mengimbau masyarakat setempat untuk berperan aktif dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan mengutamakan pencegahan.

"Paradigma penanganan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam harus mengutamakan pencegahan," kata Hendrajoni dalam pidatonya pada apel kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam di pelataran parkir Pantai Carocok Painan, Jumat.

Ia menyebut jika kebakaran hutan dan lahan jika terjadi maka akan menimbulkan bencana bagi masyarakat setempat bahkan asapnya bisa menjadi bencana oleh daerah tetangga.

Selain itu usaha pemadamannya juga membutuhkan tenaga yang banyak serta peralatan yang lengkap.

"Makanya lebih baik kita secara bersama melakukan antisipasi sebelum terjadi kebakaran," kata dia.

Pada kesempatan itu ia juga menegaskan untuk tidak membakar ketika membersihkan lahan, membakar sampah serta membuat api unggun di lahan perkebunan serta membuang puntung rokok sembarangan.

Apel siaga kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta bencana alam juga dihadiri Sekretaris Kabupaten setempat, Erizon, Ketua DPRD setempat, Ermizen dan pejabat lainnya. (*)