Kebakaran perkebunan sawit di Pasaman Barat, petugas berjibaku memadamkan api

id kebakaran lahan sawit,kebakaran di pasaman barat,polres pasaman barat

Kebakaran perkebunan sawit di Pasaman Barat, petugas berjibaku memadamkan api

Tim gabungan Polres Pasaman Barat berhasil memadamkan kebakaran lahan di Sungai Aur, Senin (2/3). (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Tim gabungan Kepolisiam Resor (Polres) Pasaman Barat berhasil memadamkan api pada kebakaran perkebunan kelapa sawit di Plasma Batang Alin Blok A6 Jorong Lubuk Juangan, Kecamatan Sungai Aur.

"Api sudah mulai padam berkat kerja sama tim," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Fery Herlambang melalui Kepala Bagian Ops Kompol Muddasir didampingi oleh Kepala Polsek Gunung Tuleh Iptu Zulfikar di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan kabut asap tipis tidak terlihat lagi setelah bantuan enam unit pompa air yang disambungkan ke aliran air parit perkebunan serta bantuan 1 unit excavator digunakan untuk memadamkan api.

"Kebakaran lahan perkebunan seluas dua hektare lebih sudah dipadamkan. Tim regu pemadam dari TNI, POLRI, BPBD, jajaran manajemen PT. Bakri serta masyarakat bahu membahu memadamkan api," katanya.

Ia menjelaskan tim regu pemadam yang terdiri atas 35 orang gabungan Polres Pasaman Barat,, Polsek Lembah Melintang, Polsek Gunung Tuleh, 20 orang TNI, BPBD Pasaman Barat dan masyarakat.

Meskipun api sudah padam, ia mengimbau warga agar jangan membuat puntung rokok sembarangan karena bisa menyebabkan kebakaran.

Apalagi saat ini musim kemarau lahan gambut kering akan sangat mudah terbakar. Selain itu juga jangan membakar lahan sembarangan karena api menjalar begitu cepat.

"Jika ada warga yang menemukan titik api di sekitar lahan gambut segera di siram secepatnya dengan air," katanya.

Kebakaran itu terjadi sejak Kamis (27/2) sekitar pukul 09.45 WIB berdasarkan laporan dari masyarakat.

Kebakaran itu disebabkan diduga kelalaian karyawan tukang panen yang saat itu menghidupkan api di bawah pohon sawit. Sehingga api menjalar ke atas pohon sawit dan menyambar ke pelepah sawit yang sudah mati.

Pada saat kejadian di sertai oleh angin kencang dan menyambar ke pohon-pohon sawit lainnya.

Karyawan itulah memberitahukan kepada masyarakat sekitar dan minta bantuan untuk memadamkan api.