Sedang panen bawang merah, warga Pantai Cermin Solok keluhkan listrik padam

id Listrik Padam,Pembersihan Bawang,PLN Muaralabuh

Sedang panen bawang merah, warga Pantai Cermin Solok keluhkan listrik padam

Ilustrasi. (ANTARA)

Padang Aro (ANTARA) - Aktivitas Warga di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, Sumatera Barat terganggu akibat pemadaman listrik oleh PLN.

Kepala Jorong Ulu Lolo Nagari Lolo Joni Asril saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat mengatakan banyak warga jorong tersebut membersihkan bawang di malam hari, karena sudah dua malam listrik padam sehingga warga tidak bisa bekerja.

"Saya sudah coba hubungi pihak PLN tetapi tidak ada jawaban dan akibat pemadaman ini banyak warga yang kehilangan pendapatan akibat tidak bisa bekerja," ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini bawang merah cukup banyak yang panen sehingga banyak warga yang menjadi pekerja pembersihan bawang.

Saat bawang merah banyak, imbuhnya biasanya warga bekerja hingga subuh untuk membersihkannya.

"Hasil membersihkan bawang merah ini lumayan, dengan upah Rp1.000 perkilogramnya dan dalam semalam ada yang bisa menghasilkan hingga Rp100 ribu," katanya.

Biasanya yang banyak sebagai pekerja membersihkan bawang ini katanya, kaum perempuan untuk membantu perekonomian keluarga.

"Saat panen bawang banyak kaum ibu-ibu ini biasanya juga mendapat penghasilan yang lumayan banyak," katanya.

Pemadam listrik katanya sudah terjadi dua malam beruntun dan tidak ada pemberitahuan dari PLN.

Sementara itu manager PLN Muaralabuh Aprinaldo mengatakan saat ini terjadi gangguan jaringan TR diseret mobil truk sehingga putus di kilometer 14 Pauah Duo.

"Rekan-rekan sedang prosess recovery di lapangan," ujarnya.

Akibat putusnya jaringan ini, katanya terjadi pemadaman di Kecamatan Sungai Pagu, Pauah Duo, Koto Parik Gadang Diateh hingga Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar