Bahayanya kosmetik pemutih kulit instan

id BBPOM,kosmetik pemutih kulit instan,BBPOM Padang,merkuri

Bahayanya kosmetik pemutih kulit instan

Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen BPOM RI Martin Suhendri saat serah terima jabatan kepala BBPOM di Padang, Kamis. (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) di Padang, Sumatera Barat mengimbau masyarakat setempat untuk menghindari untuk membeli kosmetik yang menawarkan kulit menjadi putih secara instan.

"Seharusnya masyarakat harus curiga terhadap kosmetik yang membuat wajah putih secara cepat karena itu pasti mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya," kata Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen BPOM RI Martin Suhendri saat serah terima jabatan kepala BBPOM di Padang, Kamis.

Ia mengajak agar masyarakat lebih teliti dan tidak terperdaya dengan iklan yang menawarkan produk kosmetik pemutih.

Terutama produk kosmetik yang dibeli secara daring dan tidak dilengkapi dengan izin edar dari BPOM.

Ia mengajak masyarakat sebelum membeli produk kosmetik agar dapat meneliti barang seperti kode dari BPOM.

Menurut dia kosmetik yang mengandung merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan jika digunakan untuk kulit atau memutihkan wajah.

Menurut dia merkuri yang tertanam di kulit dapat menyebabkan kanker dan jika masuk ke aliran darah dapat menyebabkan kebocoran ginjal.

Ia mengakui selama 2,5 tahun menjabat sebagai Kepala BBPOM Padang penjualan kosmetik ilegal kerap terjadi di Sumbar.

"Kita terus lakukan penangkapan, razia dan proses secara hukum. Hasilnya alhamdulillah mulai berkurang hingga saat ini," kata dia.