Padang dikungkum suhu panas, bakal terus meningkat dalam dua hari ke depan

id Berita Padang, Padang terkini, berita Sumbar, BMKG, suhu panas, di Padang

Padang dikungkum suhu panas, bakal terus meningkat dalam dua hari ke depan

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman memperkirakan suhu panas di Padang akan terus meningkat hingga dua hari ke depan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha saat dihubungi dari Padang, Kamis mengatakan kondisi cuaca di Sumbar sebetulnya normal namun suhu udara memang lebih tinggi dari sebelumnya yakni pada siang hari diperkirakan mencapai 31 sampai 32 derajat celsius.

"Kemudian tingkat kelembaban udara pada siang hari juga meningkat yakni mencapai 75 sampai 95 persen," kata dia.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, saat ini memang terasa lebih panas. Karena sebelumnya cuaca panas disertai dengan angin kencang, kata dia.

Ia juga mengatakan suhu panas tersebut disebabkan karena kurangnya pertumbuhan awan. Sehingga sinar matahari langsung tembus ke bumi tanpa dihalangi awan.

"Sehingga pada siang hari langit tampak cerah. Akan tetapi di beberapa daerah perbukitan sudah mulai muncul awan," kata dia.

Ia juga mengatakan kecenderungan hujan hanya berupa hujan lokal dengan durasi waktu yang singkat yakni sekitar dua jam hanya terjadi pada sore hari di beberapa wilayah di Sumbar seperti di Bukittinggi, Padang Panjang, Solok Selatan, dan beberapa daerah lainnya.

Mengingat kondisi suhu panas yang tinggi, ia mengimbau masyarakat supaya memperbanyak minum agar terhindar dari dehidrasi.

Seorang warga Padang Dika Gustila (19) mengeluhkan suhu panas yang dirasakan sudah berlangsung sejak dua hari lalu.

"Tidak hanya pada siang hari, bahkan saat malam juga terasa panas. Saya berharap cuaca di Padang kembali normal lagi," kata dia.