Harga masih tinggi, Agam kembali gelar operasi pasar bawang putih

id operasi pasar bawang putih ,berita agam,berita sumbar

Harga masih tinggi, Agam kembali gelar operasi pasar bawang putih

Warga sedang membeli bahan kebutuhan pokok saat operasi pasar bawang putih di Pasar Impres Padang Baru, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Kamis (27/2). (Antara/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali menggelar operasi pasar bawang putih di Pasar Impres Padang Baru, Kecamatan Lubukbasung, Kamis (27/2), karena harga masih tinggi di daerah itu mencapai Rp50 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto di Lubukbasung, Kamis, mengatakan operasi pasar ini merupakan yang ke dua kalinya diadakan, karena operasi pasar juga pernah digelar pada Senin (17/2).

"Pada operasi sebelumnya kita menyediakan satu ton bawang putih dan hari ini 800 kilogram," katanya.

Ia mengatakan, operasi pasar ini bekerja sama dengan Dinas Pangan Sumbar dan pelaksanaan operasi pasar itu Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Dinas Pangan Sumbar.

Namun operasi pasar pada Kamis (27/2), tambahnya, TTIC juga menyediakan gula pasir, bawang merah, telur, daging sapi dan minyak goreng.

"Kita berharap dengan operasi pasar ini harga kebutuhan pokok di Agam bisa stabil," katanya.

Sementara itu, Koordinator TTIC Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Khaidir menambahkan bawang putih disediakan 800 kilogram dengan harga Rp32 ribu per kilogram dan harga tingkat pedagang Rp50 ribu per kilogram, gula pasir 100 kilogram dengan harga Rp13 ribu per kilogram dan harga tingkat pedagang Rp16 ribu per kilogram.

Sedangkan bawang merah 30 kilogram dengan harga Rp27 ribu per kilogram dan harga tingkat pedagang Rp43 ribu per kilogram, telur ayam ras 20 krai dengan harga Rp39 ribu per krai dan harga tingkat pedagang Rp43 ribu per krai.

Selain itu, daging sapi 40 kilogram dengan harga Rp75 ribu per kilogram dan harga tingkat pedagang Rp120 ribu per kilogram, minyak sari murni 99 liter dengan harga Rp23 ribu per liter dan harga tingkat pedagang Rp26 ribu per liter, minyak goreng kwali 48 liter dengan harga Rp22 ribu per liter dan harga tingkat pedagang Rp24 ribu per liter.

"Selain bawang putih, bahan kebutuhan lainnya habis sekitar dua jam dan saat ini hanya tinggal bawang putih " katanya.

Pada Kamis (27/2), tambahnya, pihaknya menggelar operasi pasar di Kabupaten Pasaman, Tanahdatar, Agam dan Kota Padang.

"Operasi pasar ini kita gelar setiap hari ke kabupaten dan kota, karena persediaan bawang putih 10,57 ton," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar