Anggaran Rp25 miliar, pembangunan Jembatan Sikabu Padang Pariaman dimulai Maret 2020

id Jembatan Sikabu Padang Pariaman, Budi Mulya,berita Padang Pariaman,berita sumbar

Anggaran Rp25 miliar, pembangunan Jembatan Sikabu Padang Pariaman dimulai Maret 2020

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (ANTARA) - Pembangunan jembatan Sikabu di Kacamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat yang ambruk pada 2017 akan dimulai pada Maret 2020 dengan anggaran Rp25 miliar.

"Pengerjaan jembatan tersebut direncanakan selesai pada Agustus 2020," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Padang Pariaman Budi Mulya di Parit Malintang, Kamis.

Jembatan tersebut ambruk karena dimakan usia, namun untuk memudahkan mobilitas warga setempat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memasang jembatan darurat.

Jembatan darurat tersebut hanya dapat dilewati oleh kendaraan ringan padahal sarana itu akan digunakan untuk akses utama menuju Stadion Utama Sumbar yang dalam waktu dekat akan digunakan untuk pembukaan MTQ Nasional.

Ia mengatakan tahun ini BNPB akan membangun jembatan tersebut secara permanen yang panjangnya 100 meter dan lebar tujuh meter dengan sistem beton prategang atau prestressed.

"Sekarang pengerjaan jembatan sudah masuk tahap lelang pengerjaan fisik," katanya.

Ia berharap pembangunannya berjalan baik sehingga dapat difungsikan sebelum pembukaan MTQ Nasional yang dilaksanakan pada Agustus 2020.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengharapkan BNPB segera membangun jembatan Sikabu yang ambruk pada 2017 karena akses utama menuju Stadion Utama Sumbar.

"Bulan ini saya akan ke Jakarta untuk menemui pihak BNPB agar jembatan ini bisa segera dibangun," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Parit Malintang.

Rencananya pada 2018 pihak BNPB akan membangun jembatan tersebut namun karena sejumlah daerah di Indonesia dilanda bencana maka pembangunannya tertunda.

Ia menyampaikan pentingnya pembangunan jembatan tersebut yaitu tidak saja sebagai akses transportasi warga setempat namun juga untuk menuju ke Stadion Utama Sumbar. (*)