Dua hektare kebun kelapa sawit di Agam terbakar

id kebakaran lahan,agam,BPBD agam,berita agam,berita sumbar

Dua hektare kebun kelapa sawit di Agam terbakar

Tim dari Pemkab Agam sedang memadamkan api di lahan perkebunan sawit milik warga Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjungmutiara, Rabu (26/2). (Ist)

Lubukbasung, (ANTARA) - Sekitar dua hektare lahan kelapa sawit terbakar di Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (26/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Rabu, mengatakan lahan kelapa sawit itu milik Zul Akmar (60).

"Api menjalar ke seluruh lahan milik Zul Akmar dan sumber api sedang dalam proses penyelidikan pihak berwajib," katanya.

Ia mengatakan, BPBD setempat mengerahkan anggota Satgas untuk memadamkan api di lahan perkebunan itu.

Pemadaman api juga melibatkan Satpol PP Damkar setempat, Polres Agam, Kodim 0304 Agam, pemerintah kecamatan, pemerintah nagari dan lainnya.

"Pemadaman sedang berlangsung dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran," katanya.

Sebelumnya, lahan kelapa sawit dan karet milik warga terbakar seluas 7,4 hektare.

Lahan kelapa sawit itu milik warga Palembayan seluas satu hektare, Lubukbasung seluas lima hektare, Ampeknagari seluas 0,5 hektare dan Malalak 0,9 hektare.

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau warga untuk tidak membakar hasil perambahan lahan, membuang puntung rokok sembarang tempat dan lainnya.

"Ini harus diantisipasi agar kebakaran itu bisa diatasi dan pemilik tidak mengalami kerugian," kata dia. (*)