Saham-saham Wall Street jatuh di tengah kekhawatiran pandemi virus corona

id Wall Street,indeks Dow,indeks S&P 500,indeks Nasdaq

Saham-saham Wall Street jatuh di tengah kekhawatiran pandemi virus corona

Tanda jalan untuk Wall Street terlihat di luar New York Stock Exchange (NYSE) di Manhattan, New York City, AS (20/12/2016). ANTARA/ REUTERS/Andrew Kelly/pri. (Reuters/Andrew Kelly)

New York, (ANTARA) - Wall Street jatuh pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), dengan indeks S&P 500 dan Dow mengalami persentase kerugian satu hari terbesar mereka dalam dua tahun setelah lonjakan kasus virus corona di luar China memicu kekhawatiran tentang dampak ekonomi global dari pandemi.

Investor menjual aset-aset berisiko dan bergegas ke taruhan tradisional yang lebih aman seperti emas dan surat utang negara AS, setelah negara-negara termasuk Iran, Italia, dan Korea Selatan melaporkan peningkatan kasus virus selama akhir pekan bahkan ketika China melonggarkan pembatasan tanpa ada kasus baru yang dilaporkan di Beijing dan kota-kota lain.

Patokan S&P 500, yang mewakili lebih dari 44 persen dari kapitalisasi pasar semua ekuitas global, kehilangan 927 miliar dolar AS dari nilainya pada Senin (24/2/2020) saja dan 1,33 triliun dolar AS sejak penutupan tertinggi pada Rabu (19/2/2020) pekan lalu, menurut analis senior S&P Dow Jones Indices, Howard Silverblatt .

S&P dan saham unggulan Dow berbalik negatif untuk tahun 2020 ini dan Dow turun lebih dari 1.000 poin pada Senin (24/2/2020) hanya untuk ketiga kalinya dalam sejarahnya.

Nasdaq yang sarat teknologi jatuh 3,71 persen, persentase penurunan harian terbesar dari tiga indeks utama lainnya.

"Kami tidak akan membuat kemajuan lebih tinggi sampai kami memiliki bukti penyebaran virus corona melambat," kata Mark Luschini, kepala strategi investasi di Janney Montgomery Scott di Philadelphia.

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 1.031,61 poin atau 3,56 persen, menjadi ditutup di 27.960,80. Indeks S&P 500 kehilangan 111,86 poin, atau 3,35 persen, menjadi berakhir di 3.225,89. Indeks Komposit Nasdaq ditutup turun 355,31 poin atau 3,71 persen, menjadi 9.221,28.

Semua dari 11 sektor utama S&P ditutup di posisi merah, dipimpin oleh penurunan 4,7 persen di sektor energi dan diikuti oleh penurunan 4,2 persen dalam saham-saham teknologi.

Apple Inc merosot 4,8 persen karena data menunjukkan penjualan ponsel pintar di China anjlok lebih dari sepertiga pada Januari.

Pembuat chip yang memiliki eksposur ke China jatuh, dengan indeks Philadelphia SE Semiconductor merosot 4,8 persen, sementara kekhawatiran tentang peningkatan pembatasan perjalanan menyeret Arca Airline Index NYSE jatuh enam persen.

Imbal hasil surat utang negara AS turun ke tingkat terendah sejak 2016 karena investor mencari keamanan di obligasi pemerintah, sementara inversi kurva imbal hasil antara surat utang pemerintah AS bertenor 3-bulan dan obligasi 10-tahun pemerintah AS semakin meningkat dalam apa yang sering dianggap sebagai prediktor resesi.

Menambah kekhawatiran, Goldman Sachs memangkas perkiraan pertumbuhan AS pada Minggu (23/2/2020) dan memperkirakan dampak yang lebih parah dari epidemi.

Indeks Volatilitas CBOE, yang mengukur kecemasan investor, mencatat lonjakan satu hari terbesar sejak Februari 2018 dan berakhir di 25,03, level penutupan tertinggi sejak Januari 2019.

"Ada kekhawatiran mendasar yang ada di luar sana, dan jelas selama akhir pekan, itu hanya meningkat," kata Stacey Gilbert, manajer portofolio untuk derivatif di Glenmede Investment Management di Philadelphia.

Setelah menukik pada Senin (24/2/2020), S&P ditutup hampir lima persen di bawah rekor penutupan tertinggi, yang dicapai pekan lalu, sementara Nasdaq berakhir enam persen di bawah penutupan puncaknya dan Dow mengakhiri hari 5,4 persen di bawah rekor penutupannya.

Asuransi kesehatan seperti UnitedHealth Group Inc dan Cigna Corp turun hampir delapan, setelah Senator Bernie Sanders, yang mendukung penghapusan asuransi kesehatan swasta, memperkuat posisinya untuk nominasi calon presiden dari Partai Demokrat dengan kemenangan di kaukus Nevada.

Luschini Janney Montgomery Scott mengatakan bahwa sementara virus corona adalah "sejauh ini dan pengaruh utama" untuk penurunan pasar pada Senin (24/2/2020), investor, katanya, "juga mulai menghambat peluang Sanders menjadi calon Demokrat."

Di bursa AS, 10,59 miliar saham berpindah tangan, dibandingkan dengan rata-rata 7,79 miliar untuk 20 sesi terakhir. (*)