Ingin wujudkan Zona Integritas, Wako Payakumbuh akan ganti pejabat yang tidak sanggup

id Riza Falepi ,Wali Kota Payakumbuh,Zona Integritas,Dony Setiawan

Ingin wujudkan Zona Integritas, Wako Payakumbuh akan ganti pejabat yang tidak sanggup

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan saat menyerahkan buku karyanya sendiri yang berjudul membangun Zona Integritas Tantangan dan Peluang Menuju Polri yang dicintai rakyat ke Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Senin (24/2). (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi mewajibkan seluruh pejabat di lingkup pemerintahan setempat untuk dapat mendukung dan bekerja sama dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan instansi pemerintah.

Wali Kota di Payakumbuh, Senin, mengatakan setelah dilakukan evaluasi ternyata salah satu faktor yang menjadi kelemahan atau yang menghambat Kota Payakumbuh wujudkan ZI, yakni dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Sakip) Payakumbuh yang masih bernilai BB.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Sosialisasi Zona Integritas di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balai Kota Eks Lapangan Poliko, Senin.

"Sakip kita masih BB, tahun depan saya ingin A, kepala dinas kalau nggak sanggup angkat tangan, bakal saya ganti atau saya non jobkan," katanya.

Dalam sosialisasi ini, Pemkot Payakumbuh menghadirkan narasumber Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Dony Setiawan yang telah berhasil mewujudkan ZI saat menjabat sebagai Kapolres Kota Solok 2019.

Ia menyebutkan sosialisasi ini diikuti oleh seluruh kepala OPD, camat, Kasubag Program dan Keuangan. Hal ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) RI Nomor 10 Tahun 2019 tentang perubahan atas Permenpan-RB RI Nomor 52 Tahun 2014 tentang pedoman pembangunan ZI menuju WBK-WBBM.

"Untuk itu kepada seluruh peserta untuk mengikuti dan menindaklanjuti hasil materi dari Kapolres. Kita serius untuk mewujudkan Zona Integritas Secara praktek tidak ada persoalan, harus tahu ilmu dari ahlinya, makanya kita hadirkan Kapolres kesini," sebutnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan untuk membangun Zona Integritas, harus dimulai dari pimpinan terlebih dahulu.

"Kalau kepalanya tidak serius, maka ZI tidak akan bisa terwujud, karena komitmen tidak ada. Saya disini membagi pengalaman saya ketika di Solok dulu," ujarnya.

Sama dengan Pemkot Payakumbuh, Dony juga tengah berusaha mewujudkan Polres Payakumbuh menuju ZI.

"Sama-sama belajar, kami juga terus berusaha mewujudkan ZI WBK-WBBM di Polres Payakumbuh," katanya.