Pemkab Pesisir Selatan usulkan penambahan 18 ribu penerima PKH

id Pesisir Selatan

Pemkab Pesisir Selatan usulkan penambahan 18 ribu penerima PKH

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat meluncurkan bantuan sosial Program Sembako di Kecamatan Lunang didampingi Camat setempat, Lyonica Ventira. (Istimewa)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengusulkan penambahan 18 ribu kepala keluarga asal daerah setempat sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) pada 2021.

"Dari kajian yang kami lakukan setidaknya masih terdapat 18 ribu kepala keluarga di Pesisir Selatan yang layak masuk daftar PKH," kata Bupati setempat, Hendrajoni disela peluncuruan bantuan sosial Program Sembako di Kecamatan Lunang, Minggu.

Hal tersebut, lanjutnya sudah disampaikan ke Kementerian Sosial serta ke anggota Komisi VIII DPR RI, Lisda Hendrajoni yang juga Ketua TP PKK kabupaten setempat.

Kendati demikian pihaknya memberi apresiasi jika terdapat diantara kepala keluarga yang sebelumnya masuk daftar penerima PKH namun keluar karena merasa sudah mandiri.

"Di Lunang terdapat empat kepala keluarga yang keluar dari daftar PKH dan saya mengapresiasi mereka, dengan begitu tentu bantuan yang selama ini mereka terima akan dialihkan ke keluarga lain yang lebih membutuhkan," kata dia.

Ia menyebut saat ini di kabupaten setempat terdapat 19.297 kepala keluarga yang menjadi penerima bantuan sosial Program Sembako dan dari jumlah tersebut 12.389 kepala keluarga masuk ke daftar PKH.

Khusus di Lunang terdapat sebanyak 140 kepala keluarga yang menerima program sembako, dari 140 itu 100 kepala keluarga diantaranya masuk daftar PKH.

Secara keseluruhan di kabupaten setempat terdapat 148 e-warung yang ditunjuk melayani keluarga penerima program sembako, dan khusus di Lunang sesuai dengan jumlah penerima manfaat hanya terdapat empat e-warung.

Masing-masing keluarga penerima program disalurkan bantuan Rp150 ribu secara non tunai dan langsung dapat digunakan untuk membeli sembako di e-warung yang ditunjuk di kecamatannya masing-masing.

Foto : Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni saat meluncurkan bantuan sosial Program Sembako di Kecamatan Lunang didampingi Camat setempat, Lyonica Ventira. (ANTARA / ist)