Ini penyebab suhu panas di Padang

id Bmkg sumbar,Suhu panas di padang,Berita padang

Ini penyebab suhu panas di Padang

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau mengungkap suhu udara di Padang, Sumatera Barat saat ini mencapai 32,4 derajat celsius di siang hari sehingga menyebabkan suhu udara terasa panas.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha saat dihubungi dari Padang, Jumat mengatakan kondisi cuaca di Sumbar masih normal. Namun hawa panas yang dirasakan disebabkan karena tidak adanya pertumbuhan awan.

Menurut dia hal itu disebabkan karena tekanan udara yang rendah menarik masa udara basah di beberapa daerah sekitarnya seperti di beberapa wilayah di Sumbar.

Sehingga suhu udara di beberapa wilayah di Sumbar terasa panas, khususnya di Padang karena tidak terdapat pertumbuhan awan.

Ia memperkirakan peningkatan suhu di wilayah Sumbar tersebut akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu, kita mengimbau pada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan perbanyak meminum air putih untuk menghindari dehidrasi.

Lebih lanjut ia mengatakan selain panas terik, kondisi cuaca di Padang juga disertai angin kencang dengan kecepatan mencapai 20 km/jam.

"Hal itu di sebabkan karena pada pagi hari terdapat perbedaan tekanan antara kondisi di perbukitan dengan dataran rendah. Sehingga menyebabkan kondisi angin semakin kencang yang diperkirakan sampai tiga hari ke depan," kata dia menerangkan.

Menurut dia dampak yang ditimbulkan angin kencang di Padang adalah pohon tumbang.

Untuk itu ia mengimbau masyarakat harus waspada misalnya saat akan parkir kendaraan jangan disamping pohon yang berpotensi tumbang karena bisa menimpa kendaraan.

"Daerah yang sering terjadi angin kencang di Padang yaitu Belimbing, Kuranji dan beberapa daerah lainnya," kata dia.