PKH UNP adakan kuliah Halal Class jilid enam

id UNP, kuliah halal, covid, virus, sumbar kini

PKH UNP adakan kuliah Halal Class jilid enam

Kegiatan kuliah Halal Class jilid enam yang digelar di ruang Senat Lantai 3 Gedung Rektorat Lama, Rabu (19/2). (Antara/Ist)

Padang (ANTARA) - Pusat Kajian Halal Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kuliah halal class sesi enam mengulas tentang COVID-19 yang mengangkat tema Virus Corona dalam Tinjauan Ilmiah dan Syariah.

Acara ini menghadirkan dua orang pemateri yaitu, ahli biokimia UNP Prof. Dr. Minda Azhar, M.Si., dan Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Al Ikhlas Lc, MA, di Ruang Senat Lantai 3 Gedung Rektorat lama, Rabu (19/2).

Ahli biokimia UNP Prof. Dr. Minda Azhar dala materinya mambahas tentang Mengenal Virus Corona dan Antisipasinya.

Ia menyebutkan Virus Corona yang pernah ditemukan diantaranya SARS-CoV, MERS-CoV, dan yang baru ditemukan pada 31 Desember 2019 lalu adalah 2019-nCoV atau yang lebih dikenal Novel Coronavirus.

"2019-nCoV ini memiliki genotip 79 persen sama dengan SARS-CoV dan 50 persen sama dengan MERS-CoV," lanjutnya.

Selain itu, ia menyampaikan bagaimana perbedaan virus dengan makhluk hidup. Secara biokimia, virus merupakan antara makhluk hidup dengan benda mati.

"Dia (virus) akan hidup jika berada pada inangnya," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan virus merupakan supramolekuler atau gabungan mikro molekul sehingga bisa masuk ke dalam sebuah sel.

"Cara masuknya dengan mengikat reseptor dan mengantarkan genomnya sampai masuk ke sel inangnya" terangnya.

Ia mengingatkan bahwa untuk mencegah penyebaran virus, kita perlu mencuci tangan dengan sabun, karena virus dilapisi biomembran yang dapat pecah jika terkena deterjen.