Padang sebagai gerbang destinasi wisata, potensial penerapan transaksi non tunai

id bank nagari,padang, non tunai, destinasi wisata, sumatera barat

Padang sebagai gerbang destinasi wisata, potensial penerapan transaksi non tunai

Foto Besarasa-Kepala Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang Eka Andria Putra (kanan) menandatangani Perjanjian Kerja Sama e-retribusi dengan Kepala Dinas Pariwisata Arfian (kiri) di Padang 19/02/20. (Antara/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Manajemen Bank Nagari optimis penerapan transaksi non tunai di Kota Padang, karena sebagai daerah gerbang destinasi wisata di Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Muhammad Irsyad, yang mewakili Direksi Bank Nagari pada acara penandatanganan perjanjian kerja sama e-retribusi dengan Bank Nagari Cabang Pasar Raya Padang dengan Dinas Pariwisata kota itu, di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan, Bank Nagari tidak bersaing dengan bank lain, tapi bersama-sama dengan seluruh perbankan bisa ikut membantu pemerintah untuk menggalakkan transaksi non-tunai.

"Saya yakin untuk Kota Padang sebagai gerbang destinasi wisata terutama kuliner dengan menggunakan transaksi non tunai. Apalagi Bank Nagari akan menerapkan sistem pembayaran menggunakan QR code, jelas akan memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Sebab, dengan penerapan sistem pembayaran sistem QR code makin efektif, efesien dan tercatat retribusi secara jelas bagi pemerintah daerah.

Sementara itu Kepala Cabang Pasar Raya Padang Eka Andria Putra menambahkan bahwa tujuan kerja sama tersebut ialah untuk memfasilitasi pemerintah daerah dalam rangka untuk meningkatkan PAD.

"Salah satu langkah memperbesar PAD pemerintah yaitu melalui e-retribusi, kemudian ke depannya lagi akan dilakukan e-distribusi pasar," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian menyebutkan kerja sama tersebut untuk mempermudah penerimaan retribusi oleh Dinas Pariwisata.

"Seluruh destinasi wisata akan diterapkan pemungutan dengan non tunai dan alhamdulillah hari ini kita melakukan kerja sama dengan Bank Nagari melalui e-retribusi," katanya.

Ke depan, pihaknya mengakomodasi semua bank, namun untuk saat ini pihaknya mencoba mematangkan penerapan retribusi di Lapau Panjang Cimpago.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar