Satu ton bawang putih untuk stabilkan harga bawang putih di Pariaman

id operasi pasar bawang putih,harga bawang putih,harga bawang putih pariaman

Satu ton bawang putih untuk stabilkan harga bawang putih di Pariaman

Warga antusias membeli bawang putih dan komoditas lainnya pada operasi pasar yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Pariaman, Rabu. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menyediakan satu ton bawang putih untuk operasi pasar di Kota Pariaman guna menstabilkan harga bahan pokok itu di daerah tersebut.

"Operasi pasar ini dilaksanakan satu hari oleh Dinas Pangan Sumbar dengan menjual bawang putih seharga Rp32 ribu perkilogram," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Emiwarti saat operasi pasar bawang putih di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan dengan harga tersebut maka besaran harga yang disubsidi oleh pemerintah sekitar Rp10 ribu lebih murah dari harga kebutuhan pokok itu di pasar setempat.

Ia menyampaikan harga bawang putih di daerah itu pernah mencapai Rp60 ribu perkilogram namun turun karena adanya operasi pasar bawang putih di sejumlah daerah di Sumbar.

"Meskipun operasi pasar ini dilaksanakan satu hari namun kami berharap harga bawang putih normal kembali," katanya.

Apalagi, lanjutnya pada hari ini juga dilaksanakan operasi pasar bawang putih di lima lokasi lainnya di Sumbar.

Ia menyebutkan selain menjual bawang putih bersubsidi pada operasi pasar itu juga dijual sejumlah kebutuhan pokok lainnya yaitu di antaranya sayur-sayuran, beras, dan cabe.

Ia menyampaikan kebutuhan pokok itu berasal dari kelompok tani di Kota Pariaman yang merupakan binaan organisasi perangkat daerah itu.

"Kalau harganya lebih rendah dari di pasaran, contohnya harga saja cabe di sini Rp34 perkilogram sedangkan di pasar sekitar Rp40 ribuan perkilogram," ujarnya.

Ia menambahkan meskipun cuaca saat operasi pasar gerimis namun tidak menyurutkan antusias warga Kota Pariaman untuk membeli sejumlah kebutuhan pokok yang dijual.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Pariaman Neneng (29) mengatakan harga bawang putih saat ini Rp45 ribu per kilogram yang harga itu sudah turun dalam beberapa hari terakhir.

Neneng menambahkan tingginya harga bawang putih disebabkan karena virus corona sehingga mengganggu impor komoditas itu dari Cina.