UPTLI UNP bagikan kiat raih beasiswa keluar negeri

id UNP,beasiswa luar negeri, mahasiwa, kampus

UPTLI UNP bagikan kiat raih beasiswa keluar negeri

Pemateri pada acara ini adalah dari Alumni University Of Leeds, United Kingdom Rinia Zatalini, MA dan Mahasiswa Graduate Institute of Network Learning Technology National Central University, Taiwan Randi Proska Sandra. (ANTARA/Ist)

Padang (ANTARA) - Unit Pelaksanaan Teknis Layanan Internasional Universitas Negeri Padang (UPTLI UNP) membagikan pengetahuan untuk memperoleh beasiswa keluar negeri dengan mengadakan acara Sharing Information for Scholarship Preparation untuk para mahasiswa dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Acara yang digelar pada 14 Februari 2020 itu, bertujuan untuk membekali pengetahuan mahasiswa UNP yang tertarik melanjutkan pendidikannya ke luar negeri dan dalam rangka menambah wawasan pengetahuan mahasiswa UNP untuk proses pencarian dan pemilihan beasiswa keluar negeri.

Pemateri pada acara ini adalah dari Alumni University Of Leeds, United Kingdom Rinia Zatalini, MA dan Mahasiswa Graduate Institute of Network Learning Technology National Central University, Taiwan Randi Proska Sandra.

Pemateri pertama Rinia Zatalini menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan diri untuk mengejar beasiswa ke luar negeri, dibutuhkan sebuah reflective process yaitu proses internal dari diri sendiri.

Kemudian setelah proses internal baru menuju ke proses eksternal, berupa persiapan dokumen-dokumen dan sebagainya.

Rinia mengatakan bahwa bagi yang ingin menjadi pelamar beasiswa, perlu mencari visi misi dari lembaga beasiswa bersangkutan dan kriteria yang ingin dicari oleh lembaga beasiswa itu.

Hal penting yang diperlukan bagi seorang pelamar beasiswa adalah sebuah kepemimpinan dan prestasi yang bisa didapatkan lewat kehidupan berorganisasi, lanjutnya.

"Seimbangkan akademik dan non-akademik, kembangkan diri, dan kejar pengalaman dibangku perkuliahan," ucapnya.

Sementara itu, pemateri kedua Randi menyampaikan bahwa bagian terpenting untuk mendapatkan beasiswa diluar negeri yaitu kepemimipinan dan tujuan hidup.

Ia memaparkan bahwa hal umum lainnya yang perlu dipersiapkan dari beasiswa keluar negeri berupa IELTS dan TOEFL yang dapat ditingkatkan lewat belajar sendiri, membuat grup belajar, ataupun mengikuti bimbel.

Teks foto : Unit Pelaksanaan Teknis Layanan Internasional UNP mengadakan acara Sharing Information for Scholarship Preparation yang dihadiri oleh Rinia Zatalini (tengah) dan Randi Proska Sandra (kanan) sebagai pemateri, di Padang, Jumat (14/2). (ANTARA/ist)