Ribuan orang akan kunjungi Pariaman pada Rakerwil I Apeksi

id Apeksi,Genius Umar,Pariaman

Ribuan orang akan kunjungi Pariaman pada Rakerwil I Apeksi

Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Sumbar Genius Umar. (Antara/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) Genius Umar memperkirakan sekitar seribu orang akan mengunjungi daerah itu pada Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan pada Maret 2020.

"Rakerwil I Apeksi diselenggarakan di Pariaman pada 17 sampai dengan 19 Maret 2020," katanya usai membuka Pra-Rakerwil I Apeksi yang diikuti 23 daerah di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan setidaknya pada Rakerwil tersebut diikuti oleh puluhan kota dari berbagai provinsi di Sumatera yaitu mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumbar, hingga Kepulauan Riau.

Ia menyampaikan setidaknya masing-masing kota tersebut akan membawa sekitar 50 hingga 100 orang ke Pariaman.

Menurutnya hal tersebut karena Pariaman dapat ditempuh melalui jalur darat sehingga kota peserta Rakerwil dapat membawa banyak orang.

Genius mengatakan untuk menyukseskan kegiatan tersebut maka pihaknya akan menampilkan sejumlah kesenian serta dilaksanakan beberapa kegiatan menanam pohon di Talao Pauh, City Expo 2020, pawai budaya, city tour, dan sejumlah kegiatan lainnya.

"Ini tentu dapat sebagai promosi wisata Kota Pariaman kepada masyarakat luas," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya ia meminta pelaku wisata dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Apalagi dengan banyaknya orang yang hadir pada kegiatan tersebut maka dapat berdampak ekonomi bagi warga setempat.

Sementara itu Sekretaris Komisariat Wilayah I Apeksi Azwan mengatakan Pra-Rakerwil I Apeksi membahas isu strategis di daerah yang nantinya akan disampaikan pada Rakernas Apeksi.

"Untuk tema Apeksi kali ini masih dalam tahap pembahasan," tambahnya.