Mahasiswa di Padang gelar aksi tegakkan keadilan terhadap perempuan

id Berita Padang

Mahasiswa di Padang gelar aksi tegakkan keadilan terhadap perempuan

Mahasiswa di Padang gelar aksi tegakkan keadilan terhadap perempuan di Jalan Katib Sulaiman (Antara/ Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Puluhan mahasiswa yang berasal dari salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Padang menggelar aksi menegakkan keadilan terhadap perempuan di Padang, Sumatera Barat.

Seorang peserta aksi Dila Rahayu, di Padang, Minggu mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengampanyekan keadilan terhadap perempuan. Karena sering sekali terjadi kasus pelecehan seksual di Indonesia, khususnya di Sumbar.

Ia menyampaikan hal itu saat aksi ruang aman bagi perempuan, merdeka itu bebas dari kekerasan seksual yang digelar saat Car Free Day (CFD) di Jalan Khatib Sulaiman, Padang.

Ia berharap melalui kegiatan aksi tersebut kekerasan seksual terhadap perempuan tidak terjadi lagi.

"Semoga ke depannya perlindungan terhadap perempuan lebih ditingkatkan lagi," kata dia yang merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Lebih lanjut ia mengatakan kekerasan seksual tidak hanya terjadi pada perempuan dewasa saja. Namun juga terjadi pada anak-anak.

"Kasus tersebut sudah marak sekali diberitakan dan sudah merajalela. Bahkan juga merenggut korban yang berusia di bawah umur," kata dia.

Seorang warga Putri (24) yang menyaksikan aksi itu mengapresiasi dan berharap aksi mereka dapat tersampaikan ke masyarakat banyak.

"Semoga kekerasan seksual terhadap perempuan ke depannya tidak terjadi lagi. Perempuan itu memang harus dijaga karena di Minangkabau perempuan merupakan limpapeh rumah gadang," kata dia yang tengah menikmati jalan santai di CFD, Jalan Khatib Sulaiman.