Kabar sepekan, perdagangan dengan Australia hingga virus demam babi Afrika

id IA-CEPA,Moody's,Pariwisata,Corona,Mendag,Vaksin

Kabar sepekan, perdagangan dengan Australia hingga virus demam babi Afrika

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil (kedua kiri), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio (ketiga kanan) dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Doso Agung (kanan) saat meninjau rencana pengembangan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Jumat (14/2/2020). Pemerintah berencana mengembangkan Pelabuhan Benoa menjadi pelabuhan pusat pariwisata maritim atau “Benoa Maritime Tourism Hub” yang ditargetkan selesai pada Desember 2023. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir mulai dari meningkatkan keterbukaan perdagangan dengan Australia hingga uji coba vaksin pencegah virus demam babi Afrika.

Berikut rangkuman berita pada pekan kedua Februari 2020 ini.

1. Presiden Jokowi: IA-CEPA tingkatkan keterbukaan perdagangan-investasi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia atau "Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement" (IA-CEPA) dapat meningkatkan keterbukaan kedua negara di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata.

"Yang paling jelas kita ingin keterbukaan sehingga perdagangan, investasi, pariwisata akan lebih banyak antara kedua negara Indonesia dan Australia, arahnya ke situ," kata Presiden Joko Widodo di Mount Ainslie, Canberra, Australia, Minggu.

Berita selengkapnya di sini

2. Moody's kukuhkan peringkat RI pada level outlook stabil

Lembaga pemeringkat Moody’s Investor Service (Moody’s) mengafirmasi sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2/outlook stabil (Investment Grade) pada 10 Februari 2020.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan, "Afirmasi rating Indonesia pada level Baa2 dengan outlook stabil oleh Moody’s mengonfirmasi optimisme stakeholder internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia di tengah tantangan global maupun domestik."

Berita selengkapnya di sini

3. Sri Mulyani godok insentif bagi hotel-maskapai untuk dorong pariwisata

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah sedang merumuskan insentif untuk pelaku industri pariwisata, seperti hotel ataupun maskapai penerbangan, guna menangkal dampak negatif meluasnya virus Corona terhadap perekonomian domestik.

"Beberapa hal seperti subsidi ke penerbangan terutama pariwisata domestik dalam rangka meningkatkan belanja dari masyarakat untuk menopang sektor pariwisata," kata Sri Mulyani usai sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Berita selengkapnya di sini

4. Wabah virus corona peluang wujudkan mandiri bawang putih

Pakar sosial ekonomi pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Irham berpendapat bahwa merebaknya wabah virus corona di China seharusnya dipandang sebagai peluang untuk mewujudkan kemandirian produksi bawang putih di Tanah Air.

"Kejadian ini seharusnya bisa kita pandang sebagai peluang untuk mengembangkan bawang putih secara mandiri. Seluruh dinas pertanian yang punya potensi (budi daya) bawang putih dikembangkan saja," kata Irham di Yogyakarta, Rabu.

Berita selengkapnya di sini

5. Corona hantam China, Mendag Agus bidik peluang pasar AS

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto membidik peluang Indonesia untuk bisa menggarap pasar Amerika Serikat setelah mewabahnya virus corona yang menghantam perekonomian China.

Menurut Agus, akibat wabah virus corona bahan baku asal China yang dikirim ke AS diprediksi akan terhambat. Peluang itulah yang dianggap bisa dimanfaatkan Indonesia.

Berita selengkapnya di sini

6. Hadiri SOMTIF ke-7, RI perjuangkan akses pasar ke Selandia Baru

Indonesia terus berupaya membuka peningkatan akses pasar ekspor Indonesia ke Selandia Baru untuk akses pasar tenaga kerja dan produk pertanian sehingga hubungan bilateral kedua negara terus meningkat.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo yang menjadi ketua Delegasi RI saat menghadiri Forum Senior Official’s Meeting on Trade and Investment Framework (SOMTIF) ke-7 di Wellington, Selandia Baru.

Berita selengkapnya di sini

7. Kementan segera uji coba vaksin pencegah virus demam babi Afrika

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengatakan pihaknya bersama anggota tim ahli segera melakukan uji coba vaksin untuk mencegah virus African Swine Fever (ASF) atau disebut dengan demam babi Afrika.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Bali pada Jumat (14/2), Ketut memperkenalkan sebagian anggota tim ahli yang terdiri dari beberapa guru besar dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) yang saat ini dalam proses mengembangkan vaksin untuk mencegah ASF.

Berita selengkapnya di sini

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar