Gol Mane antarkan Liverpool menang di kandang Norwich

id liverpool,norwich,liga inggris,sadio mane

Gol Mane antarkan Liverpool menang di kandang Norwich

Penyerang Liverpool Sadio Mane (kanan) melepaskan tembakan untuk mencetak gol ke gawang Norwich City dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Carrow Road, Norwich, Inggris, Sabtu (15/2/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Chris Radburn)

Jakarta (ANTARA) - Sadio Mane mencetak gol semata wayang demi mengantarkan Liverpool menang 1-0 di kandang Norwich City dalam laga pekan ke-26 di Stadion Carrow Road, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Mane awalnya dibangku cadangkan bersama Fabinho, tetapi kebuntuan yang disebabkan rapatnya pertahanan Norwich memaksa manajer Liverpool Juergen Klopp menambah daya gedor timnya pada menit ke-60. Mane menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain, sedangkan Fabinho untuk Georginio Wijnaldum.

Keputusan Klopp itu terbukti mujarab sebab Mane menjadi pencetak gol penentu kemenangan untuk membuat Liverpool kini mengumpulkan 76 poin di puncak klasemen, memperlebar jarak dari Manchester City menjadi 25 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Norwich (18) yang tak beranjak dari dasar klasemen sebetulnya dua kali membuat publik tuan rumah hampir bersorak karena peluang berbahaya mereka, kendati tampil lebih banyak di bawah tekanan tamunya.

Peluang pertama terjadi pada menit ke-36 ketika barisan pertahanan Liverpool lengah mengantisipasi umpan lambung dan Lukas Rupp merangsek ke dalam kotak penalti. Rupp berusaha menggulirkan umpan untuk diselesaikan Teemu Pukki, tetapi kiper Alisson Becker memperlihatkan kelasnya dengan menyapu bola dengan tangannya.

Lantas peluang kedua lahir pada menit ke-74 saat Alexander Tettey melepaskan tembakan di luar perkiraan yang hampir membuat Liverpool kecolongan, tetapi bolanya membentur bagian luar tiang kanan gawang.

Sebaliknya, Liverpool berkali-kali berusaha mengkonversi dominasi mereka dengan catatan tak kurang dari 17 percobaan tembakan sepanjang laga.

Naby Keita bertanggung jawab atas dua peluang tersebut yang sayangnya selalu bisa digagalkan oleh kiper Tim Krul, yang tampil cukup gemilang untuk merayu pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman yang hadir di Carrow Road.

Krul lebih dulu menepis tembakan jarak jauh Keita pada menit ke-58, lantas semenit berselang ia melakukan dua penyelamatan beruntun atas tembakan Mohamed Salah dan sambaran Keita atas bola muntahnya.

Cuaca angin kencang yang terjadi hampir sepanjang pertandingan membuat kedua tim cukup ragu-ragu memainkan bola lambung, tetapi tidak dengan kapten Liverpool Jordan Henderson.

Pada menit ke-78 Henderson mengirimkan umpan lambung dari tengah lapangan demi disambut dengan satu sentuhan pengendalian oleh Mane sebelum diselesaikan tanpa ampun ke gawang Norwich.

Norwich sempat berusaha membalas lewat bangunan serangan balik yang diakhiri umpan Emiliano Buendia kepada Pukki, tetapi Alisson lagi-lagi memperlihatkan kehadirannya sebagai kiper terbaik di dunia saat ini dengan penyelamatan yang tampak tidak terlalu sulit.

Kemenangan Liverpool membuat mereka kini di atas kertas hanya butuh lima kemenangan lagi untuk memastikan diri sebagai juara Liga Inggris apapun hasil dari tim-tim lain.

Susunan pemain:

Norwich City (4-2-3-1): Tim Krul; Max Aarons, Christoph Zimmermann, Grant Hanley, Sam Byram (Jamal Lewis); Alexander Tettey (Josip Drmic), Kenny McLean; Lukas Rupp (Emiliano Buendia), Ondrej Duda, Todd Cantwell; Teemu Pukki

Pelatih: Daniel Farke

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Fabinho); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Alex Oxlade-Chamberlain (Sadio Mane)

Pelatih: Juergen Klopp