Alat berat dikerahkan bersihkan material longsor yang timbun rumah warga di Agam

id berita agam, berita sumbar, longsor agam, eskavator

Alat berat dikerahkan bersihkan material  longsor yang timbun rumah warga di Agam

Tim gabungan Pemkab Agam sedang membersihkan material tanah longsor menimbun rumah warga Mangkirai, Jorong Jorong Subarang Tigo Jorong, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Sabtu (15/2). Ist (Antara/Istimewa)

Lubukbasung, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengerahkan satu alat berat jenis eskavator untuk membersihkan material longsor yang menimbun rumah Eli Zarni (31) warga Mangkirai, Jorong Subarang Tigo Jorong, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto, Jumat (14/2) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Lutfi Ar di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam diturunkan ke lokasi pada Sabtu (25/2) pagi.

"Kendaraan yang membawa alat berat itu kesulitan menuju lokasi, karena jalan terlalu kecil sehingga alat berat itu ke lokasi secara manual," katanya.

Ia mengatakan alat berat itu diturunkan untuk membersihkan material longsor menimbun rumah Eli Zarni (31).

Rumah tersebut dalam kondisi rusak berat, sehingga korban beserta dua anaknya mengungsi ke rumah tetangga.

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian sekitar Rp20 juta.

"Kita mengusahakan pembersihan material longsor selesai hari ini, karena juga dibantu oleh tim gabungan dari BPBD, Satpol PP Damkar, TNI, Polri, Camat Ampekkoto, KSB dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, longsor menimbun rumah Eli akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu pada Jumat (14/2) sore.

Selain menimbun rumah di Subarang Tigo Jorong, tambahnya, material tanah longsor juga menimbun dapur milik Deswar (58) warga Koto Hilalang, Nagari Balingka, Kecamatan Ampekkoto.

Pohon tumbang juga terjadi di Cacang, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu dan pohon tumbang telah selesai dibersihkan," katanya.

Dengan curah hujan tinggi, Lutfi mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan dengan cara segera mengungsi saat curah hujan tinggi melanda daerah itu.

Selain itu, menghindari melewati daerah ketinggian, dataran rendah, lokasi pohon dan lainnya.

"Ini dalam rangka agar tidak ada korban jiwa akibat tanah longsor, banjir dan pohon tumbang melanda daerah itu saat hujan," katanya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar