BI bawa Rp4,5 miliar uang baru pada ekspedisi pulau terluar (Video)

id Berita padang, berita sumbar, bi sumbar, layanan kas pulau terluar

BI bawa Rp4,5 miliar uang baru pada ekspedisi pulau terluar (Video)

Pelepasan ekspedisi layanan kas pulau terluar kerja sama BI Sumbar dengan Lantamal II Padang di Padang, Jumat. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Bank Indonesia perwakilan Sumbar membawa Rp4,5 miliar uang rupiah baru pada ekspedisi layanan kas terluar, terdepan dan terpencil menyinggahi tujuh titik di Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh menggunakan KRI Kurau.

"Ekspedisi layanan kas ini bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut menggunakan KRI Kurau untuk menyediakan rupiah yang berkualitas bagi masyarakat di pulau terluar," kata Kepala BI perwakilan Sumbar Wahyu Purnama di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu pada pelepasan ekspedisi layanan kas pulau terluar dihadiri Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama Dafit Santoso di dermaga IV Pelabuhan Teluk Bayur Padang.

Menurut Wahyu layanan kas pulau terluar ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

Selama ini pelayanan rupiah di pulau terluar memang sulit dijangkau, karena itu kami bekerja sama dengan TNI AL , ujarnya.

Untuk ekspedisi kali ini BI menurunkan 16 kasir yang bertugas menghimpun uang yang sudah tidak layak di masyarakat dan melakukan edukasi.

Tidak jarang kami menemukan bukan saja uang yang lusuh tapi juga sudah busuk sehingga keberadaan ekspedisi ini dapat meningkatkan kualitas uang di masyarakat, kata dia.

Ekspedisi ini berlangsung selama tujuh hari menyinggahi tujuh titik di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pulau Telo hingga Aceh.

Sementara Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama Dafit Santoso menyampaikan kondisi geografis Indonesia memang terdiri atas pulau pulau dan ekspedisi ini bukti negara hadir untuk masyarakat.

Ia menyebutkan kapal akan singgah di Sikakap. Paloga, Sioban,Malepet, Sikabaluan, Pulau Telo dan Pulau Bay.