Kominfo sosialisasikan beasiswa pascasarjana di Sumbar

id DPRD Sumbar,Padang,Kominfo Sumbar

Kominfo sosialisasikan beasiswa pascasarjana di Sumbar

Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hariyati (kiri) dan Dekan Pascasarjana Fakultas Fisip Unand Alfian Miko (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menyosialisasikan program beasiswa program pascasarjana di bidang ilmu komunikasi dan informatika di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan kualitas aparatur sipil negara dan juga karyawan perusahaan bidang tersebut

Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo Hariyati saat jumpa pers di Padang, Jumat mengatakan pada tahun ini pihaknya mengalokasikan beasiswa dan tahun ini bekerja sama dengan Univeristas Andalas.

“Kita bekerja sama dengan Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unand dan kuota yang disediakan sebanyak 10-12 orang,” kata dia.

Ia mengatakan beasiswa ini dulunya khusus untuk aparatur sipil negara yang bekerja di bidang kehumasan, informatika. Pada saat ini tidak hanya untuk ASN namun dibuka untuk masyarakat umum terutama para karyawan perusahaan bidang terkait dan juga star up lokal

Ia mengatakan ia bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi mulai dari Universitas Indonesia, Unand, UGM, UNS, ITB dan ITS.

“Total kuota yang dibuka untuk seluruhnya adalah untuk 120 orang,” kata dia.

Ia mengatakan fasilitas yang disediakan dalam beasiswa ini adalah uang SPP, tunjangan hidup sebesar Rp1,5 juta per bulan selama empat semester, tunjangan transportasi dan buku, serta tunjangan penelitian.

“Kita berharap masyarakat dapat mengetahui informasi ini dan ikut mendaftarkan diri mereka. Untuk lebih lanjut dapat dilihat di website kita,” katanya.

Menurut dia untuk yang berminat dapat mendaftarkan diri di perguruan tinggi tersebut, mereka akan melakukan seleksi terhadap calon mahasiswa dan kemudian merekomendasikan kepada pihaknya.

“Rekomendasi tersebut akan diberikan kepada kami dan akan di evaluasi siapa yang berhak menerima beasiswa tersebut,” kata dia.

Sementara itu Dekan Pascasarjana Fakultas Fisip Universitas Andalas Alfian Miko mengatakan pihaknya dalam penerimaan mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi ada dua tahap yakni secara reguler dan melalui beasiswa ini.

“Kita akan adakan ujian tertulis untuk mengetahui kemampuan para peserta didik terkait ilmu komunikasi dan selanjutnya ujian dengan wawancara untuk menggali pengetahuan mereka. Nilai yang ada akan kita sampaikan kepada pihak kementerian nantinya,” kata dia.