Pendaftaran balon rektor UNP periode 2020-2024 diperpanjang

id UNP, calon rektor,kampus

Pendaftaran balon rektor UNP periode 2020-2024 diperpanjang

Perpanjangan pendafataran calon rektor UNP (ist)

Padang (ANTARA) - Panitia Pemilihan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan kesempatan kepada pendaftar dengan memperpanjang pendaftaran mulai 12 Februari hingga 17 Februari mendatang.

Panitia mencatat tujuh kandidat dari lingkungan UNP yakni Ganefri (Fakultas Teknik), Mawardi (Fakultas MIPA), Refnaldi (FBS), Syahrial Bakhtiar (FIK), Syamsir (FIK), Yahya (FBS), dan Yuliana (FPP) yang disampaikan pada Senin (10/02).

Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNP periode 2020-2024, Syahril, Kamis (13/2) mengatakan pendaftaran pemilihan Rektor UNP periode 2020-2024 resmi diperpanjang hinga 17 Februari mendatang.

Tujuh kandidat calon rektor UNP telah mendaftar ke panitia pemilihan rektor untuk diverifikasi persyaratannya sembari menunggu yang lain.

“Setelah pendaftaran ditutup 17 Februari nanti, persyaratan pendaftaran kandidat akan verifikasi senat dan diumumkan berapa calon rektor yang dinyatakan lulus,” ungkap Syahril yang biasa menjabat sebagai Wakil Rektor II di UNP.

Ia menambahkan, jika nanti sudah mencukupi empat calon rektor yang memenuhi syarat, senat baru bisa memasuki tahapan berikutnya,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Senat UNP Z Mawardi mengatakan peserta bakal calon rektor tidak dibatasi hanya untuk lingkungan UNP saja, akan tetapi terbuka untuk perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

”Surat pengumuman sudah disebar ke seluruh rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan tahap pendaftaran sudah dilakukan, mulai tanggal 11 dan akan berakhir pada 17 Februari selanjutnya dilakukan verifikasi berkas bakal calon. Pengumuman nama-nama bakal calon yang memenuhi syarat diumumkan oleh senat universitas.

“Selanjutnya, penyerahan platform (visi misi) bakal calon rektor paling lambat pada 24 Februari, lalu penyampaian platform serta dialog interaktif dalam rapat senat terbuka pada 26 Februari,” ungkapnya.

Pada 26 Februari, senat akan memilih 3 calon rektor dari sejumlah nama yang mengajukan diri untuk kemudian diajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Pada 27-28 Februari penyerahan tiga nama calon hasil seleksi senat universitas ke menteri, untuk kemudian dipilih kembali oleh senat bersama menteri,” ungkapnya.

Kemudian, pemilihan rektor UNP periode 2020-2024 oleh senat universitas bersama menteri pada 12 Maret 2020.

“Penyerahan hasil pemilihan rektor kepada menteri diserahkan pada 16 Maret, dan pelantikan rektor terpilih periode 2020-2024 dijadwalkan pada 19 Juli,” sebut Mawardi.