Nagari Koto Gaek Guguak gelar gotong royong lintas nagari

id gotong royong,gusmal

Nagari Koto Gaek Guguak gelar gotong royong lintas nagari

Bupati Solok, Gusmal (berpakaian abu-abu di tengah) saat menghadiri acara gotong-royong di Koto Gaek Guguak, Sabtu. (ANTARA/HO)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat menggelar gotong royong lintas nagari dengan nagari Koto Gadang, dan Jawi-Jawi Guguak untuk meningkatkan kebersamaan.

Bupati Solok, Gusmal di lokasi gotong royong, Kamis mengapresiasi kegiatan gotong royong yang digagas Badan Pemusyawarahan Nagari (BPN) Nagari Koto Gaek dan Koto Gadang Guguak yang telah mengagas goro bersama lintas nagari.

"Dulunya tiga nagari Guguak itu satu yang berkantor di Lubuk Selasih, namun seiring waktu terpisah menjadi tiga nagari yaitu Nagari Koto gaek, Koto Gadang dan Jawi-Jawi Guguak," ujarnya.

Tapi, walaupun telah terbagi namun tidak menghilangkan nilai-nilai kebudayaan dan adat istiadat masih tetap satu.

Ia berharap gotong royong ini dapat membangun silahturahim dan kebersamaan masyarakat nagari dari tiga nagari.

"Ke depannya saya harap nagari lain juga mengadakan gotong royong lintas nagari seperti di sini," ujarnya.

Selain itu, Gusmal mengajak niniak mamak untuk bersatu dan sejalan dalam mendukung pembangunan nagari. Jangan ada membanding-bandingkan nagari yang penting merajut dan membangun silahturahim.

Ia juga meminta pemerintah nagari harus bisa merawat jalan yang di gotong royongkan bersama. Sebab jalan ini merupakan akses Koto Gadang ke Koto Gaek Guguak.

"Wali nagari tidak perlu memikirkan soal perbaikan jalan ini, jalan ini adalah urusan Pemerintah Kabupaten Solok," ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Koto Gaek Guguak, Mardi Handerson mengatakan gotong royong bersama lintas nagari ini merupakan gagasan duduk bermusyawarah di lapau atau kedai dengan petinggi BPN dan pemuda.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini bisa mengembalikan rasa bernagari, sehingga tidak terputus silahturrahim yang intinya tiga nagari di Guguak ini satu.

"Gotong royong lintas nagari akan dijadikan agenda tahunan sehingga tidak menghilangkan nilai-nilai kebudayaan dan adat istiadat yang ada di Guguak," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar