Big Ben rusak, tagihan perbaikan miliaran rupiah

id Big Ben,Restorasi

Big Ben rusak, tagihan perbaikan miliaran rupiah

ILustrasi--Jam Big Ben Kota London. (Reuters) (/)

London (ANTARA) - Kerusakan Menara Big Ben Inggris di Gedung Parlemen London akibat bom Jerman selama Perang Dunia Kedua ternyata lebih parah daripada yang diperkirakan, para ahli mengatakan pada hari Kamis, ketika tagihan untuk restorasi naik hampir 20 juta pound (Rp400 miliar).

Menara yang berusia 177 tahun ini telah dibungkus perancah selama tiga tahun terakhir saat para pekerja memperbaiki batu dan jam seberat 12 ton yang terkenal.

Mampu mendekati menara setinggi 315 kaki (96 m) memungkinkan mereka menemukan masalah lain seperti kerusakan yang disebabkan oleh polusi dan asbes.

Majelis Rendah dan Komisi Majelis Tinggi mengatakan mereka telah diberitahu bahwa untuk mengembalikan menara ke kemegahan sebelumnya, anggaran meningkat dari 61,1 juta menjadi 79,7 juta pound.

Ian Ailles, Direktur Jenderal Majelis Rendah, mengatakan tugas memulihkan menara lebih kompleks daripada yang diantisipasi.

"... memahami sepenuhnya kerusakan menara tidak mungkin sampai perancah naik," katanya dalam sebuah pernyataan.

Di antara masalah lain, kerusakan yang ditimbulkan oleh bom pada menara selama Perang Dunia Kedua ternyata lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Perbaikan terbaru dari struktur, di mana lonceng Big Ben seberat 13 ton sering tidak berdentang, diperkirakan akan selesai tahun depan.

Pekerjaan pada bangunan - berganti nama menjadi Menara Elizabeth pada tahun 2012 - terpisah dari rencana restorasi skala penuh Istana Westminster yang diperkirakan menelan biaya 4 miliar pound dan akan dimulai pada pertengahan tahun 2020-an.

Sumber: Reuters