Harga minyak dunia naik didukung harapan permintaan China segera pulih

id harga minyak,minyak Brent, minyak WTI

Harga minyak dunia naik didukung harapan permintaan China segera pulih

Ilustrasi - Pekerja beraktivitas di kawasan kilang PT Pertamina RU (Refinery Unit) IV Cilacap, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/foc/aa

New York, (ANTARA) - Harga minyak naik lebih dari tiga persen pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), ketika China melaporkan jumlah terendah harian kasus virus corona baru sejak akhir Januari, yang memicu investor untuk berharap bahwa permintaan bahan bakar di konsumen minyak terbesar kedua di dunia itu mulai pulih.

Dikutip dari Reuters, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April naik 1,78 dolar AS atau 3,3 persen menjadi menetap di 55,79 dolar per barel. Sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret ditutup 1,23 dolar AS atau 2,5 persen lebih tinggi menjadi 51,17 dolar AS per barel.

Itu adalah penyelesaian tertinggi untuk kedua kontrak berjangka sejak Januari meskipun pemerintah AS melaporkan persediaan mingguan yang lebih besar dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah yang diimbangi oleh penurunan stok bahan bakar, termasuk penarikan bensin yang tak terduga.

Persediaan minyak mentah AS naik 7,5 juta barel pekan lalu, Badan Informasi Energi AS (EIA) mengatakan, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters untuk kenaikan tiga juta barel.

"Permintaan bensin mulai rebound, dan penarikan moderat dalam bahan bakar sulingan membantu mengimbangi bearish, mengangkat minyak mentah," kata John Kilduff, seorang mitra di Again Capital di New York.

Marjin pemurnian bensin AS naik ke level tertinggi sejak Agustus karena kenaikan tajam 4,4 persen pada bensin berjangka.

Menurut data hingga Selasa (12/2/2020), tingkat pertumbuhan kasus virus corona baru di China telah melambat ke level terendah sejak 30 Januari. Namun, para pakar internasional tetap berhati-hati dalam meramalkan kapan wabah akan berakhir.

"Laporan dari China menunjukkan pengurangan jumlah kasus virus baru yang memaksa akumulasi tambahan di berbagai kelas aset hari ini," Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois, mengatakan dalam sebuah laporan, mencatat saham energi juga meningkat di tertinggi baru di pasar saham. .

Pembatasan perjalanan ke dan dari China dan karantina telah mengurangi penggunaan bahan bakar. Dua kilang terbesar China mengatakan mereka akan mengurangi pemrosesan sekitar 940.000 barel per hari (bph) sebagai akibat dari penurunan konsumsi, atau sekitar tujuh persen dari proses pengolahan tahun 2019 mereka.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memangkas perkiraan pertumbuhan global dalam permintaan minyak karena virus corona sebesar 230.000 barel per hari -- penilaian yang cukup moderat dibandingkan dengan peramal lainnya.

Pemerintah AS pada Selasa memangkas perkiraan pertumbuhannya untuk tahun ini sebesar 310.000 barel per hari.

Kekhawatiran permintaan dari wabah mendorong Brent dan WTI ke level terendah dalam 13 bulan pada Senin (10/2/2020). Meskipun ada kenaikan baru-baru ini, kedua kontrak acuan masih turun lebih dari 20 persen dari tertinggi yang dicapai pada Januari.

Di sisi pasokan, OPEC merekomendasikan pemangkasan lebih lanjut 600.000 barel per hari minggu lalu untuk membendung penurunan harga minyak. OPEC sekarang menunggu tanggapan dari Rusia, apakah Moskow akan membantu melaksanakan pemotongan tersebut.

"Jelas, perkembangan yang sedang berlangsung di China membutuhkan pemantauan dan penilaian yang berkelanjutan," kata OPEC.

Sebagian besar perusahaan minyak Rusia menginginkan pembatasan produksi global OPEC tetap di tempatnya selama satu kuartal lagi. (*)