Pariaman-Pasaman Barat sepakat temui KemenPUPR minta bangun jalan pantai barat Sumbar

id Pantai barat Sumbar,genius umar,kemenPUPR

Pariaman-Pasaman Barat sepakat temui KemenPUPR minta bangun jalan pantai barat Sumbar

Bupati Pasaman Barat, Sumbar Yulianto (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Wali Kota Pariaman Genius Umar (kanan) pada penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama bidang kemetrologian serta temu bisnis pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan Pasaman Barat, di Simpang Empat, Rabu. (ANTARA/Aadiaat M S)

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), sepakat menemui pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) serta pihak terkait lainnya untuk meminta membangun jalan pantai barat di provinsi itu.

"Infrastruktur merupakan faktor penting untuk daerah dapat tumbuh dengan cepat dan untuk mewujudkannya tidak mungkin melalui APBD daerah," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama bidang kemetrologian serta temu bisnis pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan Pasaman Barat, di Simpang Empat, Rabu.

Meskipun kegiatan itu pada bidang kemetrologian namun Pemerintah Kota Pariaman dan Kabupaten Pasaman Barat juga membahas terkait sejumlah kerja sama lainnya baik UMKM, pariwisata, maupun infrastruktur.

Ia mengatakan untuk mewujudkan infrastruktur tersebut maka diperlukan bantuan dari pemerintah pusat dengan membuat proposal yang rasional secara bersama.

Menurutnya salah satu jalur yang potensial dibangunnya infrastruktur yaitu jalan di tepi pantai mulai dari Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, hingga Pasaman Barat.

Ia menyampaikan jika jalan tersebut dibangun maka tidak saja memajukan pariwisata hingga berdampak pada ekonomi masyarakat namun juga untuk kesiapsiagaan bencana.

"Kalau ada jalan yang memadai maka juga dapat mempercepat evakuasi ketika terjadi tsunami," katanya.

Menurutnya jika sejumlah kepala daerah datang bersama-sama ke Menteri PUPR untuk meminta hal tersebut maka besar kemungkinan akan dikabulkan.

"Jika bersama-sama saya rasa dorongan politiknya akan kuat untuk disetujui," tambahnya.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Yulianto mengatakan pihaknya bersama Wali Kota Pariaman akan menghadap Menteri PUPR agar pembangunan jalan di pantai Barat Sumbar bisa terlaksana.

"Dengan adanya infrastruktur ini maka dapat meningkatkan pariwisata dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurutnya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerjasama dengan antarpemerintah kabupaten dan kota yang ada pantai Barat Sumbar.

"Harapannya dengan adanya jalan ini maka bisa digaungkan ke dunia internasional dan tentu akan berdampak untuk Sumbar," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar