Masih tipe C, RSUD Adnan WD Payakumbuh dinilai telah layak untuk tipe B

id RSUD Adnan WD Payakumbuh,Naik tipe rumah sakit

Masih tipe C, RSUD Adnan WD Payakumbuh dinilai telah layak untuk tipe B

Direktur Utama (Dirut) RSUD Adnan WD Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Efriza Naldi. (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) RSUD Adnan WD Kota Payakumbuh Efriza Naldi menilai rumah sakit yang dipimpinnya sebenarnya sudah dapat meningkatkan status rumah sakit tersebut dari tipe C ke tipe B.

"Sebenarnya kita sudah layak untuk naik tipe, baik dari sisi pelayanan, sarana dan prasarana, serta SDM yang dimiliki, status RSUD Adnan WD sudah layak sebagai RS tipe B," katanya di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan untuk meningkatkan status rumah sakit ke tipe B sudah mulai dirintis oleh pimpinan sebelumnya, namun dengan pola rujukan yang diberlakukan saat ini pihaknya harus mempersiapkan rusak sakit tipe D atau C untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.

"Kita masih menunggu perubahan status Puskesmas Lamposi menjadi Rumah Sakit (RS) tipe D sebelum melakukan pengajuan terkait peningkatan status RSUD Adnan WD ke rumah sakit tipe B," ujarnya.

Tersedianya rumah sakit tipe D, sebenarnya tidak menjadi salah satu persyaratan untuk meningkatkan status RS dari tipe C ke tipe B. Tapi, jika tidak mempunyai rumah sakit tipe C atau D di daerah tersebut sebelum dirujuk ke RS tipe B masyarakat harus berobat ke RS swasta.

"Hal itu akan membuat tidak adanya RSU yang bisa menangani untuk masyarakat yang penyakitnya untuk rumah sakit tipe D," ujarnya.

Sebab, katanya sesuai dengan sistem rujukan Permenkes, sebanyak 155 diagnosis penyakit harus ditangani di Puskesmas terlebih dalu. Kalau tidak mampu baru dirujuk ke rumah sakit tipe C atau D.

"Nanti di situ juga ada kelas-kelasnya. Kalau memang mereka tidak sanggup karena sarana dan prasarana atau SDM baru ke Achmad Muchtar (tipe B). Itu sesuai dengan sistem rujukan Permenkes," ujarnya.

Oleh sebab itu, untuk memastikan semua masyarakat tetap bisa menjalankan sistem rujukan tersebut, Pemerintah Kota Payakumbuh saat ini terus mengupayakan perubahan status Puskesmas Lamposi menjadi rumah sakit Tipe D.

"Kalau sudah ada rumah sakit tipe D baru nanti kita ajukan peningkatan status RSUD Adnan WD menjadi RS tipe B," kata dia. (*).
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar