Yakesma Sumbar luncurkan layanan ambulans gratis

id berita padang, berita sumbar, prokami, yakesma sumbar, ambulans

Yakesma Sumbar luncurkan layanan ambulans gratis

Pemeriksaan kesehatan yang digelar Yakesma Sumbar (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Yakesma Sumatera Barat meluncurkan layanan ambulans gratis yang digunakan untuk pelayanan jenazah serta penanggulangan bencana di Sumbar bantuan dari Dana Kebajikan Umat Pegadaian Syariah.

"Sumatera Barat secara geografis berada pada jajaran bukit barisan rentan dengan bencana alam seperti gempa, tsunami, banjir dan longsor sehingga perlu sarana penanggulangan bencana salah satunya ambulan," kata Kepala Cabang Yakesma Sumbar Syafri di Padang, Selasa melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar.

Layanan ambulans Yakesma Sumatera Barat mulai diluncurkan pada 9 Februari 2020 di Padang dihadiri Asisten I Pemkot Padang Edi Hasmi, perwakilan Pegadaian Syariah Nelfa Nurmawi dan dari Kemenag Sumatera Barat.

"Kita dari Pemerintah Kota Padang mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan Yakesma Sumbar ini. Secara tidak langsung Yakesma telah membantu Pemko Padang menjaga kesehatan masyarakat," kata Edi Hasmi .

Pada bagian lain Kadiv Pemberdayaan Yakesma Fauzan Utama Putra menyampaikan masyarakat yang membutuhkan layanan ambulans dapat menghubungi nomor 082295475085.

Selain peluncuran ambulan, Yakesma juga mengadakan layanan kesehatan yang dititikberatkan kepada penyuluhan dan deteksi dini penyakit kanker serviks.

Kepala Cabang Yakesma Sumatera Barat Syafri menyampaikan bahwa penderita kanker di Sumatera Barat cukup tinggi seperti dilansir oleh Dinas Kesehatan Sumatera Barat beberapa waktu lalu periode Januari sampai September 2019 terdapat 2.350 kasus, kanker serviks dan payudara kasus paling banyak ditemukan.

"Maka upaya pencegahan dengan melakukan penyuluhan dan pemeriksaan secara rutin adalah suatu tindakan efektif," ujarnya.

Disamping pemeriksaan kanker, juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat dengan mendatangkan petugas medis dari Puskesmas Belimbing dan tenaga Profesi kesehatan Muslim Indonesia ( Prokami ) Sumbar.

Kegiatan diikuti 100 masyarakat serta hadir perwakilan dari Kecamatan Kuranji, Lurah Sungai Sapih, Lembaga zakat, serta tokoh masyarakat setempat. (*)