Legislator Padang minta Dinas Kesehatan lakukan inovasi tingkatkan akreditasi Puskesmas

id Berita padang

Legislator Padang minta Dinas Kesehatan lakukan inovasi tingkatkan akreditasi Puskesmas

Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Azwar Siri (Antara /Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Legislator Kota Padang meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan inovasi di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kota Padang untuk mencapai akreditasi paripurna.

Legislator Kota Padang Azwar Siri di Padang, Senin mengatakan sampai saat ini Puskesmas di Padang masih terakreditasi madya, dan tidak satu pun yang mendapatkan akreditasi paripurna.

"Padahal Puskesmas tersebut berada di pusat kota, namun tidak satu pun yang terakreditasi paripurna," kata dia yang merupakan Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang.

Ia menyampaikan hal itu pada saat reses anggota DPRD Kota Padang di daerah pemilihan (Dapil) lima yang berdialog langsung dengan pengelola Puskesmas setempat.

Ia menyebutkan status akreditasi Puskesmas dari tingkat terendah hingga terbaik yaitu akreditasi dasar, madya, utama dan paripurna.

"Setelah ditinjau ke lapangan, ternyata bukan karena kurangnya pelayanan. Akan tetapi fasilitas di Puskesmas juga tidak memadai," kata dia.

Seperti tempat parkir dan ruangan di Puskesmas yang masih belum memadai, kata dia.

"Ke depannya kedua fasilitas tersebut harus dikelola dengan baik oleh pihak Puskesmas dan mestinya mendapat dukungan penuh dari Dinkes Padang," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan salah satu penilaian untuk meningkatkan akreditasi ialah harus ada apoteker di Puskesmas. Namun saat ini masih kekurangan tenaga apoteker.

"Bahkan saat pemilihan pegawai kemarin, bidang apoteker malah tidak diterima di Puskesmas. Padahal dibutuhkan," kata dia.

Ia berharap segera dilakukan perbaikan supaya Puskesmas di Padang lebih baik lagi ke depannya dan segera memperoleh akreditasi paripurna.

"Karena jika akreditasi di Puskesmas semakin baik maka pelayanan ke depannya juga semakin bagus," kata dia.