Ratusan rumah warga Ranah Batahan terendam banjir, tak ada korban jiwa

id Banjir Pasaman Barat,banjir rendam ranah batahan,camat ranah batahan

Ratusan rumah warga Ranah Batahan terendam banjir, tak ada korban jiwa

Camat Ranah Batahan Pasaman Barat, Syahwirman bersama Polri, Babinsa dan Tagana saat membantu mengevakuasi barang warga yang rumahnya terendam banjir, Sabtu (8/2). (ANTARA/HO)

Simpang Empat (ANTARA) - Banjir melanda daerah Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (8/2) pagi dan merendam ratusan rumah pendudukan setempat.

"Sekitar 205 unit rumah terendam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di Ranah Batahan dipicu hujan lebat sejak Jumat (7/2) malam," kata Camat Ranah Batahan Syahwirman, Sabtu.

Ia menyebutkan rata-rata kedalaman air yang merendam rumah warga sekitar 55-70 centimeter.

Menurutnya dari hasil pendataan sementara banjir yang terjadi akibat luapan tiga sungai pada Sabtu (8/2) dinihari yakni Sungai Batang Taming yang merendam sekitar 150 unit rumah warga.

Luapan Sungai Batang Batahan yang merendam 20 unit rumah dan luapan Sungai Batang Laping Jorong Sukorejo Kampung Dalam dan Sawahan yang merendam 35 unit rumah.

"Untuk kerusakan rumah dan korban belum bisa dipastikan karena masih dalam pendataan," katanya.

Pihaknya bersama anggota Polsek Ranah Batahan, Babinsa dan anggota Tagana saat ini masih memberikan bantuan dengan mengevakuasi memindahkan barang warga ketempat yang lebih aman.

"Kepada warga diharapkan tetap waspada karena cuaca ekstrim saat ini. Mudah-mudahan banjir cepat surut," harapnya
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar