Insiden penyerangan rumah Woodward, MU laporkan The Sun ke Dewan Pers

id Ed Woodward, Manchester United,The Sun Manchester United

Insiden penyerangan rumah Woodward, MU laporkan The Sun ke Dewan Pers

Gerbang rumah wakil kepala eksekutif Manchester United Ed Woodward ditutupi pelindung setelah dirusak gerombolan penggemar yang kecewa di Lower Peover, Inggris, pada 19 Januari 2020. (REUTERS/PHIL NOBLE)

REUTERS (ANTARA) - Manchester United mengajukan keluhan resmi kepada surat kabar Inggris The Sun, dengan menyatakan bahwa koran itu mendapatkan pemberitahuan bakal ada serangan ke rumah kepala eksekutif mereka Ed Woodward bulan lalu.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan sekelompok orang berkumpul di luar rumah Woodward di Cheshire pada 28 Januari dengan meneriakkan nama dia, kemudian melemparkan suar merah ke gerbang rumah. Woodward (48) dan keluarganya sedang tidak berada di rumah mereka saat serangan terjadi.

United mengajukan keluhan resmi kepada dewan persnya Inggris, Organisasi Standard Pers Independen (IPSO) mengenai cara The Sun melakukan liputan.

"Klub yakin bahwa surat kabar The Sun sudah menerima pemberitahuan terlebih dahulu mengenai rencana serangan itu yang termasuk tindakan kejahatan dan diniatkan untuk intimidasi, dan bahwa wartawan sudah ada saat kejadian berlangsung. Kualitas foto yang menyertai berita itu menandakan fotografer sudah ada di situ," tulis MU seperti dikutip Reuters.

MU menuduh kehadiran wartawan The Sun sejak peristiwa itu berlangsung telah menyalahi kode etik jurnalistik yang ditetapkan IPSO.

Di samping mengutuk peristiwa di rumah Woodward itu, The Sun melalui juru bicaranya berkilah, " The Sun, seperti semua surat kabar, dengan keras mempertahankan haknya untuk memberitakan."