Pasaman Barat serahkan berkas pemerkaran nagari ke Mendagri

id Yulianto,berita Pasaman Barat,Pasaman Barat terkini,berita sumbar

Pasaman Barat serahkan berkas pemerkaran nagari ke Mendagri

Bupati Pasaman Barat, Yulianto saat menemui Direktur Jendral Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Nata Irawan bersama Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa, Aferi. S. Fudail di Kemendagri dalam rangka percepatan pemekaran nagari, Senin (3/2). (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyerahkan berkas nagari pemekaran ke Dirjend Pemerintahan Desa Kementdrian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta, Senin (3/2).

Berkas itu diserahkan langsung oleh Bupati Pasaman Barat, Yulianto dalam rangka percepatan penerbitan nomor register dan dan pengesahan nagari.

"Ini tahapan akhir yang kita penuhi sebagai upaya percepatan pemekaran nagari. Mudah-mudahan nagari pemekaran segera definitif," harapnya.

Tim Pemkab disambut langsung oleh Direktur Jendral Penataan dan Administrasi Pemerintahan Desa, Nata Irawan bersama Direktur Penataan dan Administrasi Pemerintah Desa, Aferi. S. Fudail.

Ia menyebutkan berkas yang diserahkan sebanyak 10 box besar yang merupakan berkas seluruh nagari pemekaran se-Pasaman Barat.

"Rasanya seperti mimpi. Ini adalah impian saya dan mantan Bupati, Alm Syahiran yang saya lanjutkan demi kemajuan Pasaman Barat. Kesuksesan pemekaran nagari ini adalah harapan seluruh masyarakat Pasaman Barat tercinta," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh tim pemekaran nagari. Mulai dari tim pemekaran di kabupaten, provinsi dan pastinya dari Dirjen Bina Pemdes Jakarta.

Selain itu juga dukungan dari seluruh lapisan masyarakat yang selalu bersemangat dalam menunggu keberhasilan pemekaran nagari.

Serta dukungan penuh anggota DPRD Pasaman Barat dan Provinsi Sumbar.

"Proses penyerahan dokumen nagari persiapan ini akan dilanjutkan dengan verifikasi berkas dan pemberian nomor register. Mudah-mudahan segera terealisasi," harapnya.

Pada kesempatan itu, Dirjend Penataan dan Administrasi Pemdes, Nata Irawan mengapresiasi atas keseriusan serta kegigihan Pemkab Pasaman Barat dalam mengawal seluruh proses pemekaran nagari.

"Rasa salut kami ucapkan atas kegigihan Bupati Pasaman barat beserta jajaran dalam mengawal langsung seluruh proses pemekaran nagari," sebutnya.

Ia menyebutkan proses akhir dari keseriusan ini adalah terwujudnya nagari definitif di Pasaman Barat.

"Insyaallah diberikan kelancaran hendaknya nanti dalam proses pemeriksaan berkas seluruh nagari yang sudah diantar ini dan secepatnya nomor register dapat diterbitkan," tegasnya.

Turut hadir dalam penyerahan berkas itu, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumbar, Iqbal serta anggota DPRD Provinsi Sumbar, Samsul Bahri dan Muzli. M. Nur. (*)