Wako Padangpanjang berencana bentuk tim cari solusi anak berkebutuhan khusus

id fadli amran,wali kota, padangpanjang,sumbar

Wako Padangpanjang berencana bentuk tim cari solusi anak berkebutuhan khusus

Wali Kota Padangpanjang Fadli Amran pimpin rapat (ist)

Padangpanjang (ANTARA) - Walikota Padang Panjang Fadly Amran berencana membentuk tim khusus guna menangani dan mencarikan solusi bagi anak-anak penyandang autisme dan bagi anak-anak yang bermasalah kesehatannya.

Gagasan itu disampaikan Walikota Fadly Amran saat menerima orang tua yang anaknya penyandang Autisme dan orang tua yang anaknya penyandang Thalasemia, Kamis sore.

Wacana pembentukan tim khusus itu bisa dikatakan antiklimaks dari pertemuan yang turut dihadiri sejumlah pejabat Eselon II dilingkup pemerintah Kota Padang Panjang.

Pejabat Eselon II yang hadir itu adalah Asisten I Walikota, Syahdanur, Kepala Dinas Kesehatan, Drs.Nuryanuwar, Direktur RSUD, dr. Ardoni, dan Kepala Dinas PPKBP3A Osman Bin Nur, M.Si.

Wako menyebutkan, persoalan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi anak-anak penyandang autisme dan anak-anak yang bermasalah kesehatannya di Kota Padang Panjang sudah amat mendesak untuk dicarikan solusinya.

“Bagi anak penyandang autisme dan anak yang terganggu kesehatannya sudah saatnya kita pemerintah Kota mencarikan solusi terbaik, paling tidak bisa neringankan keluarga anak-anak tersebut,” ujarnya.

Walikota mengatakan, jika persoalan anak-anak penyandang autisme dan anak-anak yang terganggu kesehatannya perlu perhatian khusus dan tertangani dengan lebih baik dan apalagi bila orang tua anak-anak itu sudah menyampaikan keluh kesahnya kepada pemerintah daerah.

“Ayo dinas terkait bergerak dan mencarikan solusinya. Sehingga anak-anak autisme dan anak-anak yang bermasalah kesehatannya bisa mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang memadai,” katanya.

Pertemuan yang berlangsung hampir satu jam itu berawal dari curahan hati dan kegelisahan salah seorang orang tua yang anaknya autisme dan salah seorang orang tua yang anaknya menderita Thalasemia.

Digelarnya pertemuan oleh Walikota Fadly Amran setelah berulang kali mendengar keluh kesah kedua orang tua anak-anak yang bermasalah, yang satu penderita autisme dan yang satu menderita Thalasemia itu, Walikota Fadly Amran pun berinisiatif menggelar pertemuan dengan menghadirkan instansi terkait.

“Sengaja saya hadirkan sejumlah instansi terkait di pertemuan ini agar instansi terkait itu bisa membuat formula penanganan masalah bagi anak-anak yang mendesak untuk dibantu tersebut, ” pungkas Walikota Fadly Amran di awal sambutannya.