Piala Prancis , Saint-Etienne ke perempat final usai singkirkan Monaco 1-0

id saint etienne,as monaco,piala prancis,dijon,montpellier,belfort,rennes

Piala Prancis , Saint-Etienne ke perempat final usai singkirkan Monaco 1-0

Pemain AS Saint-Etienne Denis Bouanga (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai menjebol gawang AS Monaco dalam laga 16 besar Piala Prancis di Stadion Louis II, Monaco, Selasa (28/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Valery Hache)

Jakarta, (ANTARA) - AS Saint-Etienne menyingkirkan AS Monaco menuju perempat final Piala Prancis setelah menang 1-0 di kandang lawannya dalam laga 16 besar di Stadion Louis II, Selasa setempat (Rabu WIB).

Gol tunggal yang dihasilkan kaki kiri Denis Bouanga pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan Saint-Etienne, demikian catatan laman resmi FFF.

Monaco berusaha keras membalas, tetapi tembakan Adrien Silva, Wissam Ben Yedder dan Aleksandr Golovin mampu diamankan kiper Stephane Ruffier.

Sedangkan Saint-Etienne cuma punya satu peluang berbahaya lain lewat tendangan jarak jauh Yohan Cabaye, yang bisa dihentikan oleh kiper tuan rumah Benjamin Lecomte.

Kemenangan itu mengantarkan Saint-Etienne menyusul langkah Rennes dan Dijon yang lebih dulu lolos ke perempat final, masing-masing setelah mengalahkan Angers dan Limonest.

Rennes yang berstatus juara bertahan menang atas Angers dalam laga yang diwarnai hujan sembilan gol dan berkedudukan akhir 5-4 di Stadion Raymond-Kopa.

Pertandingan itu harus dilanjutkan ke babak tambahan setelah skor imbang 3-3 bertahan hingga waktu normal berakhir.

Romain Thomas sempat memberi harapan bagi Angers saat mereka menyamakan kedudukan 4-4 pada menit ke-106, tetapi lima menit memasuki babak tambahan kedua Jeremy Gelin melesakkan tembakan dari luar kotak penalti untuk memastikan kemenangan Rennes.

Babak tambahan waktu juga harus dimainkan dalam laga lain antara Dijon kontra Limonest, setelah mereka ditahan imbang 1-1 oleh tim strata kelima tersebut.

Kemenangan Dijon ditentukan secara dramatis tepat di pengujung babak tambahan kedua melalui tendangan kaki kanan Stephy Mavididi.

Sayangnya tim Ligue 1 lainnya, Montpellier, tak bisa menyusul sejawatnya ke babak perempat final lantaran dikalahkan klub strata keempat Belfort.

Setelah skor kaca mata tak berubah hingga 120 menit pertandingan dimainkan, pemenang harus ditentukan lewat adu penalti, di mana Damien Le Tallec dan Sambia gagal melakoni tugasnya sebagai algojo sehingga Montpellier kalah 4-5 dari Belfort.

Tiga pertandingan babak 16 besar Piala Prancis lain akan dimainkan pada Rabu setempat (Kamis WIB) yakni Lille bertandang ke markas Epinal (strata keempat), Paris Saint-Germain bertamu ke kandang Pau (strata ketiga) serta pertarungan dua tim Ligue 1 Marseille kontra Strasbourg.

Sedangkan satu laga 16 besar lainnya antara OGC Nice vs Olympique Lyon akan dimainkan sehari kemudian. (*)