Pastikan jaminan keselamatan kerja, Bawaslu Solok gandeng BP-Jamsotek

id BP-Jamsostek,Bawaslu Solok,Pilkada

Pastikan jaminan keselamatan kerja, Bawaslu Solok gandeng BP-Jamsotek

Kepala BP-Jamsostek Cabang Solok Muhammad Fanani bersama ketua Bawaslu Kota Solok Triati usai penandatanganan nota kesepahaman terkait perlindungan bagi seluruh pengawas Pemilu 2020, di Solok, Selasa (ANTAR/HO-BP-Jamsostek Solok)

Padang Aro (ANTARA) - BP-Jamsostek Cabang Solok dengan Bawaslu Kota Solok menandatangi nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pengawas pemilihan kepala daerah tahun 2020.

Kepala Kantor BP-Jamsostek Cabang Solok M Fanani, di Solok, Selasa, menjelaskan, nota kesepahaman ini merupakan kerja sama antara pihaknya dengan Bawaslu untuk memberikan perlindungan seluruh pengawas pemilu pada pemilu tahun 2020.

"Ketika nanti ada petugas dari Bawaslu mengalami kecelakaan kerja atau meninggal dunia maka ia akan mendapat perlindungan dari BP-Jamsostek” ujarnya.

Selain itu, BP-Jamsostek juga akan memberikan perlindungan terhadap petugas saat melakukan perjalanan keluar daerah.

Contohnya kata dia, dari rumah menuju ketempat tugasnya, terjadi kecelakaan maka ditanggung BPJamsostek dan bentuk perlindungannya seluruh biaya perawatan maupun pengobatan biayanya ditanggung BP-Jamsostek.

Ia mengatakan, BP-Jamsostek merupakan jaminan sosial, karena itu berapapun besaran baiaya pengobatan akan ditanggung selama pengobatan medis.

"Kalau perawatan di rumah maka kami akan tanggung sesuai dengan peraturan pemerintah (PP) No 44 tahun 2015 dan program pemerintah No 82 tahun 2019,” ujarnya.

Apabila dirawat di rumah akibat kecelakaan kerja katanya, BPJamsostek akan mengganti penghasilan atau gaji yang telah hilang.

"Bila meninggal dunia kemudian dia masih berstatus sebagai pengawas pemilu maka kami akan memberikan santunan sebesar Rp42 juta," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar