Andre Rosiade : DPR akan minta keterangan sejumlah pakar terkait Jiwasraya

id Jiwasraya, Padang, Andre Rosiade

Andre Rosiade : DPR akan minta keterangan sejumlah pakar terkait Jiwasraya

Anggota DPR RI Andre Rosiade (ANTARA/ Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Komisi VI DPR berencana untuk meminta keterangan sejumlah pakar asuransi dan investasi saham terkait persoalan PT Asuransi Jiwasraya yang telah dibentuk Panitia Kerja (Panja) nya di komisi VI.

"Selasa (28/1) kami akan memintai keterangan dari sejumlah pakar untuk didengarkan pendapatnya, mulai dari pakar asuransi, investasi saham, serta asuransi lainnya," kata Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade, di Padang, Minggu.

Ia mengatakan dari pakar itu akan dicari tahu bagaimana mengelola perusahaan asuransi dengan baik, cara mengelola investasi baik saham maupun dana reksa.

Setelahnya pada Rabu (29/1) panja Komisi VI berencana memanggil Menteri BUMN Erick Thohir, serta direksi PT Jiwasraya.

"Dari Menteri BUMN dan direksi akan ditanya apa yang akan mereka lakukan ke depannya, termasuk bagaimana menyelamatkan uang nasabah," katanya.

Mengingat pada rapat 16 desember 2019, pihak Jiwasraya berjanji penggantian uang itu dilakukan pada Maret. Itu yang akan ditagih.

Kemudian mencari tahu apa rencana yang akan dilakukan untuk menyelamatkan Jiwasraya ke depan, bagaimana proses investor yang ingin masuk, dan lainnya.

Ia berjanji Panja Jiwasraya Komisi VI akan bekerja keras untuk mengupayakan uang nasabah, serta memastikan ada perubahan di perusahaan milik negara tersebut.

Kejaksaan Agung telah menetapkan status tersangka terhadap lima orang dalam penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Kelimanya adalah Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat.

Kemudian mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya Syahmirwan.